Warisan Ikonik dalam Sejarah LaLiga, Seragam Nomor 1

Kompas.com - 30/10/2020, 06:00 WIB
Kiper Real Madrid, Iker Casillas, menangkap bola dalam pertandingan leg pertama perempat final Liga Champions melawan Atletico Madrid di Stadion Vicente Calderon, Selasa atau Rabu (15/4/2015) dini hari WIB. JAVIER SORIANO / AFPKiper Real Madrid, Iker Casillas, menangkap bola dalam pertandingan leg pertama perempat final Liga Champions melawan Atletico Madrid di Stadion Vicente Calderon, Selasa atau Rabu (15/4/2015) dini hari WIB.

KOMPAS.com - Sejumlah kiper terbaik dalam sejarah LaLiga, kasta tertinggi Liga Spanyol, menghabiskan hampir seluruh kariernya dengan mengenakan jersey atau seragam bernomor punggung 1.

Setelah mereka pensiun, seragam nomor 1 itu otomatis diwariskan kepada penjaga gawang selanjutnya.

Siklus pengguna seragam nomor 1 tersebut terus berputar dalam keberjalanan Liga Spanyol, hingga musim ini.

Sebut saja Thibaut Courtois. Kiper asal Belgia yang kini membela Real Madrid itu akhirnya mendapat kesempatan mengenakan seragam nomor 1 Los Blancos.

Dia baru mulai mengenakan seragam nomor 1 Real Madrid pada musim 2020-2021, menyusul kepergian Keylor Navas ke Paris Saint-Germain (PSG).

Baca juga: Real Madrid Percaya Thibaut Courtois, Lupakan Keylor Navas

Adapun pada dua musim sebelumnya Courtois menggunakan nomor 13.

Sementara itu, di kubu Barcelona, terdapat nama Marc-Andre ter Stegen. Dia tak hanya andal dalam menjaga gawang Barcelona, tetapi juga terlihat mahir saat mendistribusikan blola dari belakang.

Pada musim lalu, Ter Stegen bahkan mencatatkan dua assist di LaLiga. Dia mengirim umpan yang kemudian dikonversikan menjadi gol oleh Luis Suarez (vs Getafe) dan Antoine Griezmann (vs Mallorca).

Talenta penjaga gawang dengan nomor punggung 1 tidak hanya dimiliki klub-klub besar LaLiga.

Sergio Asenjo (Villarreal) dan Rui Silva (Granada) yang juga menggunakan seragam nomor 1, berhasil mencatatkan 100 penyelematan pada musim 2019-2020.

Baca juga: Real Madrid Juara Liga Spanyol, Courtois Ukir Sejarah Rivalitas Sekota

Halaman:


Sumber La Liga
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X