Rencana Bartomeu untuk Liga Super Eropa Ditebas oleh Presiden LaLiga

Kompas.com - 28/10/2020, 12:22 WIB
Presiden La Liga, Javier Tebas, bersama Lionel Messi. AFP/LLUIS GENE Presiden La Liga, Javier Tebas, bersama Lionel Messi.

KOMPAS.com - Salam perpisahan Josep Maria Bartomeu dari kursi kepresidenan Barcelona diiringi dengan keputusannya untuk mendukung European Super League. Hal ini mendapat protes keras dari Javier Tebas selaku presiden LaLiga.

Selain mengumumkan pengunduran dirinya jelang ronde-ronde pertandingan Liga Champions pada Rabu (28/10/2020) dini hari WIB, Bartomeu juga mengklaim ia telah mendaftarkan Barcelona untuk bermain di European Super League.

Bartomeu menegaskan bahwa Barcelona akan menjadi pelopor Liga Super Eropa tersebut.

Namun, semua keputusan tetap harus melewati proses pengambilan suara oleh para anggota klub atau socios.

"Kami setuju untuk bergabung ke sebuah liga super klub-klub sepak bola di Eropa. Penerimaan ini harus diratifikasi pada pertemuan delegasi berikutnya," tutur Bartomeu di konferensi persnya.

Pelatih baru FC Barcelona, Ronald Koeman, berpose dengan jersey Blaugrana bersama Presiden Josep Maria Bartomeu pada Rabu (19/8/2020).FC BARCELONA Pelatih baru FC Barcelona, Ronald Koeman, berpose dengan jersey Blaugrana bersama Presiden Josep Maria Bartomeu pada Rabu (19/8/2020).

Baca juga: Selain Mengundurkan Diri, Bartomeu Punya Pernyataan Mengejutkan Lain

 

Barcelona diklaim menjadi salah satu dari satu lusin tim elite di seantero Eropa yang ingin membentuk kompetisi baru beranggotakan 18 tim.

Banyak pihak meyakini, Liga Super Eropa ini akan mengkudeta posisi Liga Champions sebagai kompetisi terbaik klub-klub Eropa.

Menyikapi pernyataan Bartomeu tersebut, Javier Tebas tak menahan diri.

"Sayang sekali, pengumuman Bartomeu pada hari terakhirnya mengatakan bahwa Barcelona akan bergabung dengan kompetisi lemah dan imajiner yang bakal jadi keruntuhan mereka," tutur Tebas lewat akun Twitter resminya.

"Hal ini menekankan ketidak pedulian dia terhadap industri sepak bola. Akhir menyedihkan bagi presiden yang mendulang banyak sukses tetapi akhir-akhir ini banyak dinaungi kesalahan."

Baca juga: Bartomeu Mundur dari Kursi Presiden Barcelona, Dewan Interim Ambil Alih

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X