Ramosdependencia, Lebih Parah dari Messidependencia

Kompas.com - 22/10/2020, 21:56 WIB
Pemain Real Madrid Karim Benzema (kiri) dan Sergio Ramos merayakan gol dalam laga melawan Villarreal dan berhasil keluar sebagai juara Liga Spanyol setelah menang 2-1, di Stadion Alfredo di Stefano, Valdebebas, pada Jumat (17/7/2020) dini hari WIB. Hasil ini menjadi trofi Liga Spanyol ke-34 Real Madrid dan yang ke-11 bagi Zinedine Zidane menangani Los Blancos, termasuk tiga gelar Liga Spanyol. AFP/GABRIEL BOUYSPemain Real Madrid Karim Benzema (kiri) dan Sergio Ramos merayakan gol dalam laga melawan Villarreal dan berhasil keluar sebagai juara Liga Spanyol setelah menang 2-1, di Stadion Alfredo di Stefano, Valdebebas, pada Jumat (17/7/2020) dini hari WIB. Hasil ini menjadi trofi Liga Spanyol ke-34 Real Madrid dan yang ke-11 bagi Zinedine Zidane menangani Los Blancos, termasuk tiga gelar Liga Spanyol.

KOMPAS.com - Real Madrid tengah dalam krisis. Kekalahan kontra Shakhtar Donetsk kembali menunjukkan betapa rentannya lini belakang Los Blancos tanpa kehadiran kapten Sergio Ramos.

Ketergantungan Real Madrid terhadap kapten Sergio Ramos bahkan digambarkan media Spanyol, Marca, lebih tinggi dari pada apa yang Barcelona punya terhadap Lionel Messi.

Ramosdependencia adalah istilah yang mereka pakai, meminjam sedikit dari kata Messidependencia yang populer dipakai untuk menggambarkan ketergantungan Barcelona akan jasa sang mega bintang asal Argentina tersebut.

Kekalahan-kekalahan Real Madrid di Liga Champions datang tanpa kehadiran sang kapten di lini belakang.

Baca juga: Real Madrid Vs Shakhtar Donetsk, Sergio Ramos Absen

Hal ini terjadi pada laga kontra Shakhtar dan juga laga leg kedua babak 16 besar musim lalu saat menghadapi Manchester City.

Selain itu, absensi Ramos berujung kekalahan pada laga perdana Grup A Liga Champions musim lalu saat menghadapi Paris Saint-Germain.

Pada 2018-2019, Sergio Ramos tak bermain pada laga leg kedua 16 besar lawan Ajax Amsterdam.

Hasilnya, kendati Ramos turut membawa Madrid menang 2-1 di Amsterdam, Los Blancos kolaps dan kalah 1-4 di Santiago Bernabeu.

Pada musim sama, Real Madrid kalah kandang dan tandang tanpa Sergio Ramos saat menghadapi CSKA Moskva di fase grup.

Baca juga: Real Madrid Vs Shakhtar Donetsk - Tanpa Ramos, Los Blancos Keok Lagi?

Mundur semusim sebelum itu dan Real Madrid kalah 1-3 pada laga leg kedua perempat final Liga Champions 2017-2018 saat menjamu Juventus.

Beruntung, Madrid menang telak 3-0 pada leg pertama sehingga bisa terus melaju dan berjaya di partai pamungkas kontra Liverpool.

Ketergantungan ini tak terlalu kelihatan di LaLiga Spanyol di mana Real Madrid menang dalam tiga laga terakhir tanpa Sergio Ramos sepanjang 2020, termasuk saat menjamu Sevilla pada medio Januari.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X