Demi Ringankan Beban Keuangan, Barcelona Tempuh Cara Ini

Kompas.com - 21/10/2020, 22:40 WIB
Pelatih Timnas Belanda, Ronald Koeman, berbicara dengan gelandang Frenkie De Jong pada laga Kualifikasi Piala Eropa 2020 antara Jerman dan Belanda di Hamburg, Jerman, pada 6 September 2019. AFP/ODD ANDERSENPelatih Timnas Belanda, Ronald Koeman, berbicara dengan gelandang Frenkie De Jong pada laga Kualifikasi Piala Eropa 2020 antara Jerman dan Belanda di Hamburg, Jerman, pada 6 September 2019.

BARCELONA, KOMPAS.com - Pandemi corona membuat Barcelona mendapat beban keuangan yang lumayan berat.

Klub Katalan itu per 2019-2020 menorehkan pendapatan hingga Rp 13,2 triliun.

Pendapatan sebesar itu, menurut Barcelona tidak mungkin bisa diperoleh kembali lantaran pandemi corona hingga Oktober ini sudah menyusutkan pendapatan klub.

Baca juga: Larut Malam, Barcelona Patenkan Lagi Nasib Empat Penggawanya

Per Maret 2020, Barcelona merealisasikan pemotongan gaji hingga 70 persen bagi tim intinya.

Stanislav Tecl dikawal Clement Lenglet pada pertandingan Barcelona vs Slavia Praha dalam lanjutan Liga Champions di Stadion Camp Nou, 5 November 2019. FP/JOSEP LAGO Stanislav Tecl dikawal Clement Lenglet pada pertandingan Barcelona vs Slavia Praha dalam lanjutan Liga Champions di Stadion Camp Nou, 5 November 2019.

Hingga kini, Barcelona masih terus berupaya meringankan beban keuangan lantaran pandemi.

Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan perpenjangan kontrak pemain, alih-alih membeli pemain.

"Kami memperpanjang kontrak empat pemain," kata pernyataan Barcelona.

Empat pemain itu adalah Marc Andre Ter Stegen, Frenkie de Jong, Clement Lenglet, dan Gerard Pique.

Lionel Messi, Ansu Fati, dan Philippe Coutinho merayakan gol dalam laga Barcelona vs Ferencvaros pada matchday pertama Grup G Liga Champions 2020-2021 dilangsungkan di Stadion Camp Nou, Selasa (20/10/2020) waktu setempat.AFP/LLUIS GENE Lionel Messi, Ansu Fati, dan Philippe Coutinho merayakan gol dalam laga Barcelona vs Ferencvaros pada matchday pertama Grup G Liga Champions 2020-2021 dilangsungkan di Stadion Camp Nou, Selasa (20/10/2020) waktu setempat.

Rata-rata para pemain dikontrak hingga 2025.

Lenglet yang kini berusia 25 tahun diperpanjang masa kontraknya hingga 2025.

Klausul pembelian Lenglet ada di posisi 300 juta euro atau setara dengan Rp 5,19 triliun.

Frenkie De Jong yang perpanjangan kontraknya hingga 2026 memiliki opsi klausul pembelian hingga 400 juta euro atau setara dengan Rp 6,92 triliun.

Kiper Barcelona, Marc-Andre Ter Stegen.DOK. LaLiga Kiper Barcelona, Marc-Andre Ter Stegen.

 



Sumber Reuters
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X