Ini Total Pendapatan Lima Liga Besar Eropa

Kompas.com - 21/10/2020, 19:00 WIB
Reaksi Virgil van Dijk pada laga Everton vs Liverpool, Sabtu (17/10/2020). AFP/Catherine IvillReaksi Virgil van Dijk pada laga Everton vs Liverpool, Sabtu (17/10/2020).

LONDON, KOMPAS.com - Lima liga besar Eropa yakni Inggris, Jerman, Spanyol, Perancis, dan Italia mengumpulkan pendapatan total dari iklan tunggal di dada jersey per musimnya hingga mencapai 1,15 miliar dollar AS.

Angka ini setara dengan Rp 16,1 triliun.

Baca juga: Pendapatan dari Iklan Dada Jersey, Liga Primer Kalahkan Bundesliga

Kepala Data Analisis Olahraga GlobalData Conrad Wiacek membeberkan riset terkini lembaganya itu, hari ini.

Penyerang Bayern Muenchen, Robert Lewandowski, mencetak empat gol ke gawang Hertha Berlin, Minggu (4/10/2020) pada lanjutan Bundesliga 2020-2021.AFP/CHRISTOF STACHE Penyerang Bayern Muenchen, Robert Lewandowski, mencetak empat gol ke gawang Hertha Berlin, Minggu (4/10/2020) pada lanjutan Bundesliga 2020-2021.

Liga Primer membukukan pendapatan hingga 409 juta dollar AS untuk kerja sama sponsor iklan tunggal di dada jersey.

Pemain Real Madrid Vinicius Junior (kanan) melakukan selebrasi bersama Marco Asensio (kiri) usai mencetak gol ke gawang Real Valladolid pada laga lanjutan Liga Spanyol 2020-2021 di Stadion Alfredo Di Stefano, Rabu (30/9/2020) atau Kamis dini hari WIB. AFP/PIERRE-PHILIPPE MARCOU Pemain Real Madrid Vinicius Junior (kanan) melakukan selebrasi bersama Marco Asensio (kiri) usai mencetak gol ke gawang Real Valladolid pada laga lanjutan Liga Spanyol 2020-2021 di Stadion Alfredo Di Stefano, Rabu (30/9/2020) atau Kamis dini hari WIB.

Angka itu setara dengan Rp 5, 726 triliun.

Kiper Spanyol Paris Saint-Germain Sergio Rico memegang bola selama pertandingan sepak bola semifinal Liga Champions UEFA antara Leipzig dan Paris Saint-Germain di stadion Luz, di Lisbon pada 18 Agustus 2020.AFP/DAVID RAMOS Kiper Spanyol Paris Saint-Germain Sergio Rico memegang bola selama pertandingan sepak bola semifinal Liga Champions UEFA antara Leipzig dan Paris Saint-Germain di stadion Luz, di Lisbon pada 18 Agustus 2020.

Secara rata-rata, menurut riset GlobalData, Liga Primer mengumpulkan uang dari pos ini hingga 20 juta dollar AS atau sekitar Rp 280 miliar.

Sementara, di bawah Liga Primer, capaian hingga 11 juta dollar AS atau sekitar Rp 154 miliar didapat oleh Liga Jerman, Bundesliga.

Jersey ketiga, Juventus dan Adidas menghadirkan sesuatu yang benar-benar berbeda.VIA ADIDAS Jersey ketiga, Juventus dan Adidas menghadirkan sesuatu yang benar-benar berbeda.

Lantas, di bawah Bundesliga ada Liga Spanyol atau La Liga dengan raihan 10,6 juta dollar AS atau Rp 148,4 miliar.

"Iklan dada jersey memberikan banyak kesempatan bagi merek-merek dikenal di seluruh dunia," kata Conrad Wiacek.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X