Petr Cech dan Penjelasan Peraturan 25 Pemain Premier League

Kompas.com - 21/10/2020, 17:30 WIB
Salah satu ekspresi mantan kiper Chelsea Petr Cech, pada pertandingan perempat final Piala Liga melawan Derby County, di iPro Stadium, Derby, 16 Desember 2014. AFP PHOTO / OLI SCARFFSalah satu ekspresi mantan kiper Chelsea Petr Cech, pada pertandingan perempat final Piala Liga melawan Derby County, di iPro Stadium, Derby, 16 Desember 2014.

KOMPAS.com - Chelsea membuat kejutan dengan mendaftarkan kiper veteran Petr Cech ke dalam daftar 25 pemain mereka untuk mengarungi kasta teratas Liga Inggris 2020-2021.

Masuknya nama Petr Cech ke dalam daftar tersebut merupakan sebuah kejutan karena pemenang empat gelar Premier League tersebut sebelum ini telah menyatakan pensiun pada Mei 2019.

Pria berusia 38 tahun itu kembali ke Chelsea sebagai penasihat teknis dan performa.

Namun, Frank Lampard memasukkan namanya ke daftar 25 nama sebagai "langkah kewaspadaan di tengah kondisi luar biasa karena krisis Covid-19".

Baca juga: Chelsea Rilis Skuad untuk Liga Inggris 2020-2021, Petr Cech Jadi Kiper Darurat

Peraturan 25 pemain Premier League dan skema Homegrown diterapkan oleh kasta teratas Liga Inggris tersebut pada 1 September 2010, 24 jam setelah akhir bursa transfer musim panas awal musim 2010-2011.

Seperti dikutip dari BBC, Premier League mengutarakan peraturan baru tersebut dirancang untuk "meningkatkan jumlah pemain binaan lokal di Premier League dengan target jangka panjang untuk memberikan opsi kepada manajer timnas Inggris."

Setiap klub Liga Inggris wajib mendaftarkan 25 pemain di atas 21 tahun setiap musimnya.

Setidaknya delapan dari pemain-pemain tersebut haruslah menyandang status homegrown.

Baca juga: Chelsea Vs Sevilla, Pernyataan Berbahaya Lampard untuk Kiper Termahal Dunia

Premier League mendefinisikan pemain Homegrown sebagai seorang pemain yang berusia 21 tahun atau lebih pada 1 Januari 2021 dan menghabiskan tiga tahun antara umur 16 dan 21 bersama klub di Liga Inggris.

Pemain ini bisa mempunyai warga kenegaraan apapun dan tak perlu harus berkewarganegaraan Inggris.

Daftar skuad ini bisa dilengkapi dengan jumlah pemain U21 yang tidak dibatasi kuotanya.

Perubahan terhadap daftar ini hanya bisa dilakukan pada jendela transfer walau Premier League akan mempertimbangkan kondisi luar biasa.

Hal ini terjadi menyikapi situasi Manchester City pada 2009-2010 saat mereka tak punya kiper setelah Shay Given dan Steven Taylor cedera.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X