Hadiah Uang Liga Champions Tak Lagi seperti Dulu

Kompas.com - 20/10/2020, 20:47 WIB
Kiper Spanyol Paris Saint-Germain Sergio Rico memegang bola selama pertandingan sepak bola semifinal Liga Champions UEFA antara Leipzig dan Paris Saint-Germain di stadion Luz, di Lisbon pada 18 Agustus 2020. AFP/DAVID RAMOSKiper Spanyol Paris Saint-Germain Sergio Rico memegang bola selama pertandingan sepak bola semifinal Liga Champions UEFA antara Leipzig dan Paris Saint-Germain di stadion Luz, di Lisbon pada 18 Agustus 2020.

LONDON, KOMPAS.com - Di tengah pandemi Covid-19, UEFA mengeluarkan kebijakan baru berkenaan dengan hadiah uang untuk Liga Champions dan Liga Eropa.

"Akan ada pengurangan jumlah hadiah uang hingga lima musim ke depan," kata pernyataan resmi UEFA, hari ini.

Baca juga: Jadwal Liga Eropa Terganggu Perang Armenia Versus Azerbaijan

Kebijakan itu sendiri memang erat kaitannya dengan dampak finansial yang melanda UEFA lantaran pandemi Covid-19.

Foto handout ini diambil dan dirilis oleh VfL Wolfsburg pada 12 Maret 2020, menunjukkan penyerang Ukraina Shakhtar Donetsk Junior Moraes (kanan) merayakan gol pembuka dengan rekan satu timnya selama pertandingan sepak bola leg pertama babak 16 besar Liga Eropa UEFA VfL Wolfsburg v Shakhtar Donetsk di Wolfsburg, Jerman Barat. (Photo by Sebastian Priebe/VfL Wolfsburg / VFL WOLFSBURG / AFP) / RESTRICTED TO EDITORIAL USE - MANDATORY CREDIT AFP PHOTO / VFL WOLFSBURG / Sebastian Priebe  - NO MARKETING NO ADVERTISING CAMPAIGNS - DISTRIBUTED AS A SERVICE TO CLIENTSAFP/SEBASTIAN PRIEBE/VFL WOLFSBURG Foto handout ini diambil dan dirilis oleh VfL Wolfsburg pada 12 Maret 2020, menunjukkan penyerang Ukraina Shakhtar Donetsk Junior Moraes (kanan) merayakan gol pembuka dengan rekan satu timnya selama pertandingan sepak bola leg pertama babak 16 besar Liga Eropa UEFA VfL Wolfsburg v Shakhtar Donetsk di Wolfsburg, Jerman Barat. (Photo by Sebastian Priebe/VfL Wolfsburg / VFL WOLFSBURG / AFP) / RESTRICTED TO EDITORIAL USE - MANDATORY CREDIT AFP PHOTO / VFL WOLFSBURG / Sebastian Priebe - NO MARKETING NO ADVERTISING CAMPAIGNS - DISTRIBUTED AS A SERVICE TO CLIENTS

UEFA mengatakan mengalami penurunan penerimaan dari televisi dan sponsor karena adanya penundaan di fase-fase gugur kedua perhelatan tersdebut.

Liga Champions dan Liga Eropa musim 2019-2020 tertunda sejak Maret 2020.

Baca juga: Jadwal dan Link Live Streaming Liga Champions Malam Ini, Dynamo Kyiv vs Juventus Jadi Pembuka

Angka kehilangan akibat penundaan itu mencapai 914 juta euro atau setara dengan 15,812 triliun rupiah.

Ilustrasi mata uang euroBBC Ilustrasi mata uang euro

Besar kemungkinan, pada lima musim ke depan, hadiah uang kedua turnamen itu tidak seperti yang dulu, jumlahnya.

Sementara, pada musim 2019-2020, Liga Inggris dalam laporan terkininya mengakui adanya penurunan pendapatan hingga 4 persen dari pos televisi dan iklan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X