Alasan Pickford Tidak Mendapat Kartu Merah Setelah Melabrak Van Dijk

Kompas.com - 17/10/2020, 19:46 WIB
Kiper Everton, Jordan Pickford, melabrak bek Liverpool, Virgil Van Dijk, dengan tekel setinggi lutut kaki pada laga Liga Inggris di Stadion Goodison Park, Sabtu (17/10/2020). BT SPORTSKiper Everton, Jordan Pickford, melabrak bek Liverpool, Virgil Van Dijk, dengan tekel setinggi lutut kaki pada laga Liga Inggris di Stadion Goodison Park, Sabtu (17/10/2020).

KOMPAS.com - Momen paling kontroversial pada babak pertama laga Derbi Merseyside adalah keputusan wasit Michael Oliver untuk tidak mengusir kiper Everton Jordan Pickford setelah ia melanggar dengan keras Virgil van Dijk.

Everton memulai laga di Goodison Park pada Sabtu (17/10/2020) tersebut dengan tidak ideal. Baru menit ketiga pertandingan bergulir, mereka sudah kebobolan dari gol Sadio Mane.

Berselang beberapa menit dari gol tersebut, datang momen kontroversial laga.

Kiper Jordan Pickford melabrak Van Dijk dengan tekel setinggi lutut kala ia berusaha menutup ruang bek Liverpool tersebut.

Siaran ulang menunjukkan betapa bahaya tekel tersebut dengan kaki Van Dijk terpaku di lapangan saat menerima hujaman tekel Pickford.

Baca juga: Babak I Everton Vs Liverpool Imbang, Virgil Van Dijk Ditarik Keluar

Beruntung bagi Pickford, VAR mengindikasikan bahwa bek Liverpool itu telah berada di posisi offside terlebih dulu sehingga tak berbuah pelanggaran.

Hal ini mengundang diskusi apakah sang wasit tidak bisa tetap memberikan kartu merah kepada Pickford karena dangerous foul play (permainan berbahaya yang dapat mencederai lawan).

Perdebatan ini akhirnya dibahas pada halftime show di MolaTV yang mengundang mantan wasit Liga Inggris, Dermott Gallagher.

Gallagher adalah sosok senior di dunia perwasitan Inggris yang mewasiti di Premier League sejak pembentukannya apda 1992 hingga 2007.

Menurut Gallagher, keputusan telah diambil oleh wasit Michael Oliver karena pelanggaran tersebut tidak tergolong faktual.

"Secara teori sang wasit bisa (memberikan kartu merah). Mereka meninjau ulang keputusan offiside lewat VAR dan memutuskan untuk menarik kembali laga ke momen offside," tutur wasit berusia 63 tahun tersebut.

"Menurut saya kalau itu adalah pelanggaran faktual, seperti memukul pemain, ia bisa menerima kartu merah. Namun, foul play lebih subjektif dan dalam kasus ini tim wasit tidak berpikir itu foul play serius yang memerlukan kartu merah."

"Saya pikir Pickford tak bisa komplain apabila wasit memberikan kartu merah. Namun, proses pengambilan keputusan sudah dilalui."



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X