5 Poin Penting Project Big Picture, Asa Liverpool dan MU Mengubah Tatanan Liga Inggris

Kompas.com - 14/10/2020, 21:30 WIB
Pemilik Liverpool, John W Henry, berada di lapangan Stadion Anfield seusai laga Premier League kontra Wolverhampton Wanderers pada 12 Mei 2019. AFP/Paul EllisPemilik Liverpool, John W Henry, berada di lapangan Stadion Anfield seusai laga Premier League kontra Wolverhampton Wanderers pada 12 Mei 2019.

KOMPAS.com - Manchester United dan Liverpool menjadi pelopor di balik gerakan untuk mengubah secara fundamental struktur Liga Inggris.

Perubahan ini menjadi yang terbesar bagi Premier League, kasta teratas Liga Inggris, sejak mereka memisahkan diri dari Football League pada 1992.

Salah satu poin utama di Project Big Picture adalah pemberian uang bantuan 250 juta pound bagi tim-tim Football League (Divisi Championship, League One, dan League Two) dan pengurangan kontastan Premier League dari 20 menjadi 18 tim.

Baca juga: Hati-hati Everton, Derbi Merseyside Bisa Jadi Taman Bermain Liverpool

Terlebih, ada konsentrasi pengambilan keputusan di level Premier League yang lebih menguntungkan tim-tim "enam besar".

Berikut adalah beberapa poin penting dari Project Big Picture seperti dikutip KOMPAS.com dari berbagai sumber:

1. Format Kompetisi

Mulai musim 2022-2023, para peserta Premier League akan dikurangi menjadi hanya 18 klub. Piala Liga dan Community Shield juga akan dihilangkan.

Dua klub Premier League akan degradasi langsung sementara tim peringkat ke-16 Premeir League akan melakukan duel playoff dengan klub posisi ketiga, keempat, dan kelima Divisi Championship.

2. Perubahan Bobot Suara Klub-klub Premier League

Sebelum ini, bobot suara para klub Premier League sama. Satu klub mempunyai satu suara. Alhasil, perubahan peraturan di Premier League (seperti proposal lima pergantian pemain) harus mendapat dukungan 14 tim.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X