Kisah Unik dalam Karier Kepelatihan Robert Rene Alberts

Kompas.com - 13/10/2020, 14:00 WIB
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts KOMPAS.com/MOCHAMAD SADHELIPelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts

BANDUNG, KOMPAS.com - Sepak bola adalah bagian yang tak bisa dilepaskan dari kehidupan Robert Rene Alberts.

Selama puluhan tahun, Alberts berkarier dalam dunia sepak bola sebagai pemain dan pelatih.

Sejak kecil, pelatih kepala tim Persib Bandung itu sudah bertekad menggantungkan hidupnya di dunia sepak bola.

Dimulai pada 1966, Alberts berhasil masuk ke akademi AFC Ajax. Di sana, dia banyak menimba ilmu dan pengalaman sebagai bekal atau modal untuk menjadi pesepak bola profesional.

Baca juga: Keunggulan Ortuseight di Mata Duo Persib Gian Zola dan Beckham Putra

Meski begitu, pada masa awal kariernya sebagai pesepak bola, Alberts belum terpikir untuk meneruskan karier sebagai pelatih setelah dia gantung sepatu. Namun keinginan tersebut perlahan muncul tatkala Alberts berkarier di Amerika Serikat.

Di Amerika, Alberts banyak menjalin hubungan dengan sejumlah komunitas sepak bola. Dari sana, dia juga mulai sering mengikuti kegiatan coaching clinic.

Alberts sangat menikmati kegiatan tersebut, sehingga keinginannya untuk melatih mulai tumbuh.

"Dari sana saya banyak berinteraksi dengan anak kecil, berinteraksi dengan orang-orang dan merangsang mereka bermain sepak bola," kata Alberts kepada wartawan.

"Itu yang berkembang di sana, dan dampaknya pesepak bola menjadi sedikit tapi pelatih bertambah dan itu otomatis berpengaruh dalam hidup saya. Hal itu sangat saya sukai dan membuat saya senang menjadi pelatih," sambung dia.

Kesempatan untuk melakoni peran sebagai pelatih baru didapatkan Alberts saat dirinya berkarier di Swedia, tepatnya saat bermain bersama Hittarps IK. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X