Latih Juventus, Andrea Pirlo Kerap Stres di Pinggir Lapangan, Mengapa?

Kompas.com - 13/10/2020, 04:15 WIB
Cristiano Ronaldo dan Andrea Pirlo seusai laga AS Roma vs Juventus pada pekan kedua Liga Italia 2020-2021. AFP/TIZIANA FABI Cristiano Ronaldo dan Andrea Pirlo seusai laga AS Roma vs Juventus pada pekan kedua Liga Italia 2020-2021.

KOMPAS.com - Andrea Pirlo mengungkapkan perbedaan ketika dia masih menjadi pemain dengan situasinya saat ini sebagai pelatih Juventus.

Andrea Pirlo meraih hasil sempurna pada pertandingan debutnya sebagai pelatih Juventus, Senin (21/9/2020).

Pirlo mengantarkan Juventus meraih kemenangan telak 3-0 atas Sampdoria pada pekan perdana Serie A atau kompetisi kasta teratas Liga Italia musim 2020-2021.

Sebelum menjadi juru taktik Juventus, Andrea Pirlo belum punya pengalaman apa pun sebagai pelatih.

Baca juga: Timpang, Gaji Skuad Juventus Nyaris Setara Duo Klub Milan Digabung

Pria yang juga mantan pemain Juventus itu paham betul dengan tanggung jawab yang dihadapinya sebagai pelatih meski itu adalah pekerjaan yang sulit baginya. 

Dia tak segan mengakui bahwa sedianya pekerjaan sebagai pelatih lebih sulit daripada saat menjadi pemain.

Saat menjadi pemain, Pirlo bisa dengan leluasa melakukan apa pun yang dia inginkan dengan bola. 

Sementara itu, saat ini, dia hanya bisa mengatur para pemainnya, tetapi yang menentukan jalannya permainan di lapangan adalah para anak asuhnya.

Baca juga: Kata Marcelo Lippi Soal Duel Pirlo dan Conte Menuju Gelar Serie A

"Jelas lebih membuat stres di pinggir lapangan karena dulu saya bisa memutuskan apa yang ingin saya lakukan dengan bola," ujar Andrea Pirlo kepada UEFA, sebagaimana dilansir dari Football Italia.

"Saat ini, saya bisa mengatur para pemain, tetapi mereka yang melakukan perannya, yang memainkan pertandingan. Jadi, sedikit lebih sulit menjadi pelatih," ucapnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X