Kompas.com - 10/10/2020, 15:10 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Laporan keuangan terkini Liga Primer menunjukkan ada upaya untuk menambah pendapatan selama pandemi corona.

Per musim 2019-2020, Liga Primer, dari pos hak siar televisi, meraup Rp 91 triliun dari siaran lokal.

Sementara, dari siaran untuk pemirsa global, ada pendapatan hingga Rp 70 triliun.

Baca juga: Liga Primer Tawarkan Tayangan Berbayar Ketengan

"Kami menawarkan ide baru yakni tayangan berbayar ketengan alias tayangan berbayar laga per laga atau eceran," kata pernyataan Liga Primer.

Momen striker Everton, Dominic Calvert-Lewin, saat membobol gawang Brighton pada lanjutan pekan keempat Liga Inggris, Sabtu (3/10/2020) malam WIB.AFP/JAN KRUGER Momen striker Everton, Dominic Calvert-Lewin, saat membobol gawang Brighton pada lanjutan pekan keempat Liga Inggris, Sabtu (3/10/2020) malam WIB.

Jika ide ini terwujud, tayangan berbayar ketengan adalah lompatan selama 13 tahun tayangan laga sepak bola di televisi berbayar semisal Sky, BT, Amazon, dan BBC.

Biasanya, penonton membayar di muka paket menonton laga-laga Liga Primer.

Sekali membayar, penonton bisa menyaksikan banyak laga Liga Primer di televisi berbayar.

Pemain baru Leeds United, Raphinha. Penyerang sayap asal Brasil itu didatangkan dari Rennes pada hari terakhir bursa transfer, Senin (5/10/2020).LEEDS UNITED Pemain baru Leeds United, Raphinha. Penyerang sayap asal Brasil itu didatangkan dari Rennes pada hari terakhir bursa transfer, Senin (5/10/2020).

Ada 200 dari 380 laga per musim Liga Primer yang ditayangkan secara domestik meskipun penonton global bisa menikmati tayangan secara langsung.

Sementara itu, Sky Sport dan BT Sport punya kebijakan berbayar yakni untuk separuh dari 10 laga dalam satu putaran, pemirsa dikenakan biaya sekitar 20 dollar AS atau Rp 280.000.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.