Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hal yang Diperbaiki Shin Tae-yong demi Performa Timnas U19 Indonesia

Kompas.com - 09/10/2020, 19:00 WIB
Farahdilla Puspa,
Nugyasa Laksamana

Tim Redaksi

Sumber BolaSport

KOMPAS.com - Timnas U19 Indonesia sukses mengemas kemenangan atas NK Dugopolje pada laga uji coba di Kroasia.

Pertandingan yang digelar di Stadion NK Uskok Klis, Split, Kamis (8/10/2020) itu berakhir dengan skor 3-0.

Seusai laga, pelatih timnas U19 Indonesia Shin Tae-yong menyoroti proses gol Garuda Muda.

Menurutnya, gol-gol yang dicetak melalui proses apik membuktikan bahwa permainan para anak asuhnya sudah semakin berkembang.

Kendati demikian, Shin Tae-yong juga mengatakan masih memiliki banyak Pekerjaan Rumah (PR) untuk terus meningkatkan dan mempertahankan performa anak asuhnya.

Baca juga: Waktu Elkan Baggott di Timnas U19 Indonesia Tak Banyak karena...

Juru taktik berusia 51 tahun itu memfokuskan para pemainnya untuk meningkatkan masa otot selama menjalani pemusatan latihan (TC) di Kroasia.

Sejak September lalu hingga saat ini, mantan pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu terus melakukan evaluasi apa saja yang perlu dipebaiki.

Setelah menjalani serangkaian laga uji coba sejak September lalu, Shin Tae-yong menilai masa otot para pemain masih kurang.

Demi meningkatkan masa otot Garuda Muda, Shin Tae-yong memutuskan untuk memperbaiki beberapa hal salah satunya adalah pola makan para pemain.

"Pemain harus mengatur pola makan dan jam tidur dengan baik. Tidak lupa juga harus latihan dengan gigih serta kerja keras," ujar Shin Tae-yong yang dikutip BolaSport dari Youtube PSSI.

"Dari awal, sebagai pemain sepak bola, pola makan mereka kurang teratur sehingga saat ini masa otot mereka sangat kurang."

Melihat hal tersebut, memperbaiki asupan makanan para pemain timnas U19 Indonesia menjadi hal utama yang diperhatikan Shin Tae-yong.

Bukan hanya itu, Shin Tae-yong juga mengungkapkan bahwa masih ada beberapa hal seperti teknik permainan yang harus dikejar oleh David Maulana dkk.

Baca juga: Hajar NK Dugopolje, 4 Pemain Timnas U19 Indonesia Jadi Top Skor

Hanya saja, demi menjaga dan meningkatkan performa pemain, Shin Tae-yong masih mengutamakan perbaikan masa otot agar skuad Garuda Muda selalu dalam kondisi siap saat bertanding.

"Sekarang kami beri asupan yang baik dengan core training dan weight training," tuturnya.

"Sebenarnya banyak yang harus dikejar pemain, cuma kalau soal ini memang harus tetap dilakukan," ujar Shin Tae-yong.

Setelah bersua NK Dugopolje, timnas U19 Indonesia selanjutkan akan bersiap menghadapi Makedonia Utara pada Minggu (11/10/2020). (Wila Wildayanti)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BolaSport
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com