Roberto Mancini, Pelatih Terbaik Timnas Italia dalam 50 Tahun Terakhir

Kompas.com - 09/10/2020, 06:20 WIB
Ekspresi pelatih Italia, Roberto Mancini, setelah timnya dikalahkan Prancis dalam laga persahabatan di Stadion Allianz Riviera, Nice, Prancis pada 1 Juni 2018. AFP/ FRANCK FIFEEkspresi pelatih Italia, Roberto Mancini, setelah timnya dikalahkan Prancis dalam laga persahabatan di Stadion Allianz Riviera, Nice, Prancis pada 1 Juni 2018.

KOMPAS.com - Roberto Mancini menghibupkan kembali gairah rakyat Italia terhadap tim nasional mereka. Mancini punya catatan mentereng kala menukangi Azzurri.

Rakyat Italia menemukan kembali kecintaan mereka terhadap tim nasional setelah bencana gagal lolos ke Piala Dunia 2018.

Tuttomercato mengatakan bahwa pertandingan melawan Moldova pada medio pekan ini ditonton oleh 3,7 juta pemirsa (15 persen share televisi) di Italia secara langsung.

Roberto Mancini memang membawa timnas Italia ke ketinggian baru.

Baca juga: Italia Vs Moldova - Gli Azzuri Menang Telak, Bukti Roberto Mancini Cemerlang

Bahkan, statistik mencatat kalau Mancini merupakan pelatih terbaik Azzurri setelah 22 laga resmi dalam 50 tahun terakhir.

Catatan Mancini bersama timnas Italia adalah 15 kemenangan, 5 seri, dan 2 kekalahan.

Mancini tak terkalahkan dalam 11 laga yang bergulir di Italia (6 kemenangan dan 5 seri: Mencetak 31 gol dan kebobolan 6).

Kemenangan kontra Moldova memperpanjang rentetan tak terkalahkan timnas Italia menjadi 17 pertandingan sejak 10 Oktober 2018.

Kekalahan terakhir timnas Italia datang kontra Portugal satu bulan sebelum itu.

Ada satu aspek menarik lain di era Mancini, yakni kesempatan yang ia berikan kepada para pemain dari klub-klub papan tengah Italia.

Baca juga: Hasil Lengkap Uji Coba Internasional, Perancis dan Italia Menang Besar

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X