Tak Jadi ke Turki, Bagaimana Nasib Timnas U19 Indonesia di Kroasia?

Kompas.com - 02/10/2020, 17:40 WIB
Para pemain Timnas U19 Indonesia melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Qatar, Kamis (17/9/2020) DOK. PSSIPara pemain Timnas U19 Indonesia melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Qatar, Kamis (17/9/2020)

KOMPAS.com - Timnas U19 Indonesia besutan pelatih Shin Tae-yong dipastikan akan tetap melanjutkan pemusatan latihan (TC) di Kroasia.

Hal itu diungkap langsung oleh Ketua Umum PSSI pada Jumat (2/10/2020).

Sebelumnya, timnas U19 Indonesia akan melanjutkan TC ke Turki seusai menjalani semua rangkaian uji coba di Kroasia.

Akan tetapi, karena ada suatu kendala, Garuda Muda dipastikan, julukan timnas U19, tetap melanjutkan TC di negara finalis Piala Dunia 2018 tersebut.

Baca juga: Fisik Timnas U19 Indonesia Meningkat, tetapi Permainan, Sentuhan...

"PSSI memutuskan timnas U19 terus melanjutkan TC di Kroasia. Mereka tidak jadi ke Turki karena belum ada kepastian lawan uji coba," ucap Mochamad Iriawan, dikutip Kompas.com dari laman resmi PSSI.

PSSI juga menambahkan, timnas U19 Indonesia akan melakoni laga uji coba melawan tim-tim berkualitas pada lanjutan TC di Kroasia.

"Kami sudah mempersiapkan lawan-lawan uji coba yang berkualitas untuk timnas U19 selama bulan Oktober ini di Kroasia," kata Mochamad Iriawan.

Sebelumnya, pada September 2020, Garuda Muda sudah menjalani tujuh laga uji coba di Kroasia, melawan Bulgaria, Kroasia, Arab Saudi, serta dua kali melawan Qatar, Bosnia-Herzegovina, dan Dinamo Zagreb.

Baca juga: Kabar Gembira, Elkan Baggott Siap Gabung TC Timnas U19 Indonesia

Hasilnya, dari tujuh laga uji coba yang telah dilakukan, skuad besutan Shin Tae-yong meraih dua kemenangan, dua hasil imbang, dan tiga kali menelan kekalahan.

Tiga kekalahan didapat setelah kalah dari Bulgaria (0-3), Kroasia (1-7), dan Bosnia-Herzegovina (0-1).

Sementara itu, dua hasil imbang didapat ketika menghadapi Arab Saudi (3-3) dan Qatar pada pertemuan kedua (1-1).

Adapun dua kemenangan Garuda Muda diraih pada pertemuan pertama melawan Qatar dengan skor 2-1 dan melawan Dinamo Zagreb 1-0.

Baca juga: Komentar Witan Sulaeman soal Formasi 4-4-2 Shin Tae-yong di Timnas U19 Indonesia

TC di Kroasia dilakukan sebagai persiapan menghadapi Piala AFC U-19 2020 yang rencananya akan digelar awal 2021 mendatang.

Selain itu, Garuda Muda akan berlaga di ajang bergengsi, yakni Piala Dunia U20, dan Indonesia menjadi tuan rumah.

Baca juga: Shin Tae-yong Fokus Benahi 2 Hal Ini Usai Timnas U19 Rampungkan Uji Coba



Sumber PSSI
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X