Premier League Siap Lobi ke IFAB untuk Ubah Aturan Handball

Kompas.com - 01/10/2020, 10:40 WIB
Logo Premier League twitterLogo Premier League

KOMPAS.com - Pihak Premier League akan melobi badan pembuat peraturan sepak bola, yakni IFAB (International Football Association Board), untuk mengubah aturan soal handball.

Hal itu akan dilakukan Premier League lantaran munculnya sejumlah kontroversi terkait handball pada kompetisi musim 2020-2021.

Contoh kontroversi yang baru terjadi adalah handball pada pada pertandingan Tottenham Hotspur vs Newcastle, pada Minggu (27/9/2020) kemarin.

Bek Tottenham Hotspur, Eric Dier, dianggap telah melakukan handball meskipun badannya membelakangi bola.

Baca juga: Hasil Tottenham vs Newcastle - Spurs Ditahan, Mou Frustrasi

Wasit yang bertugas pada pertandingan tersebut, Peter Bankes, memberikan penalti kepada Newcastle atas insiden tersebut.

Penalti itu kemudian berhasil dijadikan gol oleh The Magpies untuk menyamakan kedudukan pada akhir laga.

Insiden handball Eric Dier pada laga Tottenham vs Newcastle.Dok. DAZN Insiden handball Eric Dier pada laga Tottenham vs Newcastle.

Aturan bahwa seorang pemain dianggap melakukan handball jika tangannya terangkat sejajar dengan bahu masih akan berlaku hingga akhir musim 2020-2021 ini.

Akan tetapi, seperti dilansir BolaSport.com dari The Guardian, berkat banyaknya kontroversi, seperti kasus Dier tadi, Liga Inggris pun akan meminta International Football Association Board (IFAB) untuk meninjau ulang aturan tersebut.

Gagasan untuk meminta IFAB mengubah aturan tersebut muncul setelah badan yang bertanggung jawab untuk wasit, Professional Game Match Official Boards (PGMOL), berencana untuk meluncurkan versi hukum handball yang telah dirombak pada pertandingan Liga Inggris yang akan dimainkan akhir pekan ini.

Perubahan akan mencakup pemberian kelonggaran yang lebih besar kepada wasit dalam menafsirkan bentuk tubuh pemain dalam insiden handball.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X