Skuad Tersisa 9 Pemain, Al Hilal Tersingkir dari Liga Champions Asia 2020

Kompas.com - 24/09/2020, 17:00 WIB
Para pemain Al Hilal merayakan gelar juara Liga Champions Asia 2019 setelah mengalahkan Urawa Reds 2-0 pada laga final leg kedua di Stadion Saitama, Minggu 24 November 2019. AFP/ BEHROUZ MEHRIPara pemain Al Hilal merayakan gelar juara Liga Champions Asia 2019 setelah mengalahkan Urawa Reds 2-0 pada laga final leg kedua di Stadion Saitama, Minggu 24 November 2019.

KOMPAS.com - Klub elite Arab Saudi, Al Hilal, tersingkir dari Liga Champions Asia 2020.

Al Hilal tidak bisa melanjutkan perjuangannya di babak grup Liga Champions Asia 2020 setelah 15 pemain dilaporkan positif virus corona berdasarkan tes pekan lalu.

Keputusan Al Hilal gugur dari Liga Champions Asia 2020 dikonfirmasi situs resmi Federasi Sepak Bola Asia ( AFC) pada Rabu (23/9/2020).

Al Hilal hanya menyisakan 9 pemain untuk diturunkan di starting line-up dan dua kiper di bangku cadangan.

Baca juga: Tuntaskan Liga Champions Asia, AFC Mengaku Percaya Diri

Alhasil, juara bertahan Liga Champions Asia itu gagal memenuhi syarat minimal mendaftarkan 13 pemain untuk laga terakhir fase grup B melawan Shabab Al-Ahli.

Regulasi AFC menyatakan sebuah tim minimal harus memiliki 13 pemain untuk melakoni pertandingan.

Pada laga sebelumnya, Minggu (20/9/2020), Al Hilal lolos dari sanksi karena masih memiliki 14 pemain untuk didaftarkan melawan klub Iran, Shahr Khodro.

Dilansir BolaSport dari BBC, pihak Al Hilal dan Federasi Sepak Bola Arab Saudi sudah mengajukan penundaan pertandingan.

Namun, AFC tidak mengabulkan permohonan tersebut karena dianggap akan menimbulkan efek negatif terhadap jadwal kompetisi yang sudah disusun agar tetap bisa berjalan di tengah pandemi virus corona.

Baca juga: Jadwal dan Link Live Streaming Bayern Muenchen Vs Sevilla

AFC kemudian memutuskan semua pertandingan yang sudah dijalani Al Hilal di Grup B dianggap tidak valid.

Padahal, Al Hilal sebelumnya sudah mendulang tiga kemenangan dan dua kali imbang.

Namun, semua poin Al Hilal kini sudah dihapus dan mereka resmi dicoret dari kompetisi Liga Champions Asia 2020.

Adapun, musim lalu Al Hilal menjuarai Liga Champions Asia 2019 setelah menaklukkan Urawa Red Diamonds dengan agregat 3-0. (Beri Bagja)



Sumber BolaSport
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X