Pelatih Persib Masih Bingung Mekanisme Lima Pergantian di Liga 1 2020

Kompas.com - 24/09/2020, 13:01 WIB
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts (kanan) tengah berdiskusi dengan Geoffrey Castillion (kiri) dalam sesi latihan tim Persib di Stadion GBLA, Jumat (21/8/2020). Official Persib BandungPelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts (kanan) tengah berdiskusi dengan Geoffrey Castillion (kiri) dalam sesi latihan tim Persib di Stadion GBLA, Jumat (21/8/2020).

BANDUNG, KOMPAS.com - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, menyambut baik rencana PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) memberlakukan lima pergantian pemain dalam pertandingan pada lanjutan Liga 1 2020.

Menurut Alberts, lanjutan Liga 1 2020 berlangsung dengan jadwal pertandingan padat karena diselenggarakan di tengah pandemi Covid-19.

Selain itu, dalam melakoni pertandingan tandang, klub juga harus menempuh perjalanan panjang dengan transportasi darat.

Oleh karena itu, penambahan jumlah pergantian pemain memang sangat diperlukan untuk mengurangi risiko pemain mengalami kelelahan hebat.

Baca juga: Sanksi Tegas bagi Anggota Viking yang Nekat Datang ke Laga Persib

 

Selain itu, aturan terkait lima pergantian pemain dalam satu pertandingan pun diterapkan pada sejumlah kompetisi besar di Eropa.

"Dalam situasi saat ini, dengan perjalanan dan padatnya jadwal tentunya pemakaian pergantian pemain sangat berguna," kata Alberts kepada wartawan.

"Jika kami bisa melakukan lima pergantian seperti peraturan di Eropa atau belahan dunia lainnya itu positif, karena akan menghadapi musim kompetisi yang sangat sibuk, lima bulan sejak Oktober nanti," imbuh dia

Meski begitu, Alberts mengatakan, dirinya belum mendapatkan penjelasan lengkap terkait mekanisme dalam penerapan lima pergantian pemain tersebut.

Pelatih asal Belanda itu mengaku bingung, apakah lima pergantian tersebut bisa digunakan secara bebas, atau hanya bisa digunakan dalam kondisi tertentu.

Alberts berharap, PT LIB segera memberikan klarifikasi terkait mekanisme penggunaan pergantian pemain dalam pertandingan pada lanjutan Liga 1 2020.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X