Sudah 150 Asosiasi Minta Bantuan Dana ke FIFA

Kompas.com - 19/09/2020, 19:25 WIB
Pesepak bola wanita asal Brasil, Marta. Dok. Twitter Brazil Football, @BrazilEditionPesepak bola wanita asal Brasil, Marta.

ZURICH, KOMPAS.com - Selama pandemi corona, sudah 150 asosiasi sepak bola minta bantuan dana ke FIFA.

"Pada Juni 2020, FIFA meluncurkan Dana Pemulihan Covid-19," kata Presiden FIFA Gianni Infantino dalam pernyataan tertulisnya, hari ini.

Pemain Timnas Wanita Indonesia, Shalika Aurelia Viandrisa, turut memberikan ucapan Hari Kartini dan memberikan dukungan di tengah pandemi virus corona pada video kolaborasi pesepak bola wanita Indonesia dan juga Spanyol.LALIGA Pemain Timnas Wanita Indonesia, Shalika Aurelia Viandrisa, turut memberikan ucapan Hari Kartini dan memberikan dukungan di tengah pandemi virus corona pada video kolaborasi pesepak bola wanita Indonesia dan juga Spanyol.

Baca juga: FIFA Revisi Anggaran, Ada Risiko Kehilangan Uang

Gianni Infantino mengatakan, dana pemulihan itu besarnya 1,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 21 triliun.

Menurut Infantino dana sebesar itu diprioritaskan untuk pembenahan sepak bola wanita.

Aksi pemain Atletico Madrid, Silvia Mesequer, saat berduel dengan gelandang Barcelona, Vicky Losada, pada laga sepak bola wanita di Stadion Wanda Metropolitano, 17 Maret 2019.AFP/GABRIEL BOUYS Aksi pemain Atletico Madrid, Silvia Mesequer, saat berduel dengan gelandang Barcelona, Vicky Losada, pada laga sepak bola wanita di Stadion Wanda Metropolitano, 17 Maret 2019.

Dana itu juga digunakan untuk investasi sepak bola wanita selama empat tahun ke depan.

Sebelumnya, FIFA mengaku ada risiko kehilangan uang pendapatan.

Pesepak bola wanita asal India, Ngangom Bala Devi, saat diperkenalkan sebagai pemain baru Glasgow Rangers Womens FC.Twitter Rangers Womens FC Pesepak bola wanita asal India, Ngangom Bala Devi, saat diperkenalkan sebagai pemain baru Glasgow Rangers Womens FC.

Besarnya mencapai 120 juta dollar AS atau setara dengan Rp 1,680 triliun.

"Ada pengurangan angka pemasukan dari 6,56 miliar dollar AS menjadi 6,44 miliar dollar AS," kata pernyataan FIFA.

Presiden FIFA, Gianni Infantino, menghadiri sebuah acara di SIngapura, pada Kamis (8/12/2016).ROSLAN RAHMAN/AFP Presiden FIFA, Gianni Infantino, menghadiri sebuah acara di SIngapura, pada Kamis (8/12/2016).

FIFA melalui Presiden Gianni Infantino mengatakan bahwa penurunan pendapatan itu memang merupakan dampak dari pandemi corona.

"Tapi, kami optimistis, investasi di bidang sepak bola akan tetap berjalan tanpa perubahan," kata Infantino.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X