Tesis Andrea Pirlo, Formasi 2-3-5 dan Inspirasi dari Cruyff

Kompas.com - 16/09/2020, 23:00 WIB
Andrea Pirlo menghadapi para penguji dalam tes lisensi UEFA Pro di markas FIGC (PSSI-nya Italia) di Coverciano, Italia, Senin (14/9/2020). FIGCAndrea Pirlo menghadapi para penguji dalam tes lisensi UEFA Pro di markas FIGC (PSSI-nya Italia) di Coverciano, Italia, Senin (14/9/2020).

KOMPAS.com - Pengalaman kepelatihan minim Andrea Pirlo menimbulkan banyak pertanyaan mengenai pilihan skema dan filosofi melatihnya bersama Juventus.

Akan tetapi, tesis Andrea Pirlo saat menghadapi ujian UEFA Pro mungkin memberikan gambaran mengenai filosofi pemenang Piala Dunia 2006 tersebut.

Andrea Pirlo resmi mendapatkan lisensi pelatih UEFA Pro usai menjalani ujian di markas FIGC (PSSI-nya Italia) pada Senin (14/9/2020).

Pada ujian kelulusan, Andrea Pirlo memaparkan tesisnya yang berjudul "Il Calcio Che Vorrei" yang kalau diterjemahkan menjadi, kurang lebih, "sepak bola yang saya inginkan".

Para penguji memberikan Pirlo nilai 107 dari 110. Ia merupakan peserta dengan nilai tertinggi kedua setelah eks gelandang Inter Milan dan PSG, Thiago Motta, yang mendapat 108.

Baca juga: Baru Dapat Lisensi UEFA Pro, Andrea Pirlo Sah Melatih Juventus

Kata pengantar dalam tesis itu pun secara gamblang menunjukkan filosofi sang pelatih.

"Ide dasar sepak bola saya adalah permainan berdasarkan sepak bola proaktif dengan 11 pemain aktif dalam fase menyerang dan bertahan," tuturnya seperti dikutip dari Calciomercato.com.

"Memanipulasi ruang dan waktu, kami punya ambisi untuk mengendalikan laga dalam kedua fase."

Ada dua prinsip kunci mengenai sepak bola ala Pirlo dan hubungannya dengan si kulit bundar.

Pertama, ia ingin timnya mempertahankan bola selama mungkin sebelum melakukan serangan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X