Pandemi Corona Bikin Asosiasi Klub Eropa Kehilangan Pemasukan

Kompas.com - 16/09/2020, 21:45 WIB
Logo UEFA. Dok. UEFALogo UEFA.

BELLINZONA, KOMPAS.com - Asosiasi Klub Eropa, bulan lalu sudah mengumumkan kehilangan pemasukan dalam jumlah relatif besar lantaran pandemi corona.

Menurut Ketua Asosiasi Andrea Agnelli, prediksi kehilangan dalam dua tahun sejak kini adalah di angka 4,7 miliar dollar AS atau sekitar Rp 65,8 triliun.

Para pemain Real Madrid U19 dan pelatih Raul Gonzalez Blanco merayakan kemenangan atas Benfica di final UEFA Youth League 2020 di Colovray Sports Centre, Nyon, Swiss, pada 25 Agustus 2020.LALIGA/EFE/JEAN-CHRISTOPHE BOTT Para pemain Real Madrid U19 dan pelatih Raul Gonzalez Blanco merayakan kemenangan atas Benfica di final UEFA Youth League 2020 di Colovray Sports Centre, Nyon, Swiss, pada 25 Agustus 2020.

Sementara itu, FIFA hingga kini menyiapkan dana bantuan mencapai 1,5 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 21 triliun kata Ketua Penasihat (SC) FIFA untuk Pandemi Corona Olli Rehn, Rabu (16/9/2020).

Baca juga: FIFA: Pandemi Corona Gerus Duit Sepak Bola Dunia

Sejauh ini, setiap asosiasi sepak bola bisa meminta dana bantuan ke FIFA sebesar 1 juta dollar AS atau Rp 14 miliar.

Pemain Bayern Muenchen melakukan selebrasi dengan trofi juara setelah menang dalam laga final Liga Champions melawan Paris Saint-Germain (PSG) di Stadion Da Luz, Lisbon, Portugal, Minggu (23/8/2020). Bayern Muenchen keluar sebagai juara Liga Champions 2019-2020 setelah berhasil menundukkan PSG di final dengan skor 1-0.AFP/POOL/MANU FERNANDEZ Pemain Bayern Muenchen melakukan selebrasi dengan trofi juara setelah menang dalam laga final Liga Champions melawan Paris Saint-Germain (PSG) di Stadion Da Luz, Lisbon, Portugal, Minggu (23/8/2020). Bayern Muenchen keluar sebagai juara Liga Champions 2019-2020 setelah berhasil menundukkan PSG di final dengan skor 1-0.

Untuk tiap konfederasi sepak bola, semisal Asia (AFC), dana bantuan yang tersedia adalah 2 juta dollar AS atau Rp 28 miliar.

Pembinaan sepak bola wanita di tiap negara mendapat dana bantuan 500.000 dollar AS atau Rp 7 miliar.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X