Pemain Muda Inggris Jude Bellingham Masuk Buku Sejarah Dortmund

Kompas.com - 15/09/2020, 12:40 WIB
Pemain Borussia Dortmund, Jude Bellingham AFP/INA FASSBENDERPemain Borussia Dortmund, Jude Bellingham

KOMPAS.com - Pemain baru Borussia Dortmund asal Inggris, Jude Bellingham, tercatat sebagai pencetak gol termuda sepanjang sejarah klub berjulukan Die Borussen itu.

Jude Bellingham mencetak gol di laga debut Duisburg vs Dortmund pada putaran pertama DFB Pokal ( Piala Jerman).

Pertandingan Duisburg vs Dortmund yang digelar di Stadion Schauinsland-Reisen-Arena, Selasa (15/9/2020) dini hari WIB, berakhir dengan skor 5-0 untuk Dortmund.

Lima gol kemenangan Borussia Dortmund dicetak Jadon Sancho (15'), Jude Bellingham (30'), Thorgan Hazard (39' penalti), Giovanni Reyna (50'), dan Marco Reus (58').

Baca juga: Pelatih Borussia Dortmund Buka Suara soal Jadon Sancho, MU Disuruh Mundur?

Pada putaran pertama Piala Jerman tersebut, pencetak gol kedua Dortmund, Jude Bellingham, mencatatkan dirinya sebagai pencetak gol termuda untuk klub.

Dia menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah Borussia Dortmund pada usia 17 tahun 77 hari.

Jude Bellingham mematahkan rekor tersebut yang sebelumnya dipegang Giovanni Reyna (17 tahun 83 hari) dan Nuri Sahin (17 tahun 82 hari).

Bellingham pun masuk buku sejarah klub sebagai pencetak gol termuda dalam sejarah 110 tahun berdirinya Borussia Dortmund.

Baca juga: Berita Transfer, Real Madrid Resmi Lepas Satu Pemainnya ke Borussia Dortmund

Bellingham merupakan binaan asli Birmingham City.

Bellingham melakoni debut bersama tim senior Birmingham City pada usia 16 tahun 38 hari saat menghadapi Portsmouth di putaran pertama Piala Liga Inggris, 6 Agustus 2019.

Ia pun menjadi debutan termuda dalam sejarah klub berjulukan Blues tersebut, mengalahkan Trevor Francis, yang menjalani debut pada usia 16 tahun 139 hari.

Musim lalu, Jude Bellingham mampu membukukan empat gol dan tiga assist dari 40 penampilan di divisi Championship atau kompetisi kasta kedua Liga Inggris.

Baca juga: Kocek Borussia Dortmund Kian Menipis

Selain itu, Bellingham juga mewakili timnas Inggris di berbagai kategori usia, Inggris U15, U16, U17, dan U21.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X