Turun, Jumlah Pemain Brasil yang Merumput di Luar Negeri

Kompas.com - 15/09/2020, 12:27 WIB
Thiago Silva resmi berseragam Chelsea. DOK. CHELSEAThiago Silva resmi berseragam Chelsea.

SAO PAOLO, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat jumlah pemain berpaspor Brasil yang merumput di luar negeri, turun.

Data terkini dari laman Transfermarkt menunjukkan, pada periode 1 Juni 2019 sampai dengan 8 September 2019, ada 194 pemain Brasil pada jendela transfer musim panas liga-liga Eropa baik yang berstatus pinjaman maupun kontrak tetap.

Pemain Paris Saint-Germain (PSG) Neymar meluapkan kesedihan setelah pertandingan melawan Bayern Muenchen dalam babak final Liga Champions di Stadion Da Luz, Lisbon, Portugal, Minggu (23/8/2020). Neymar harus pasrah melihat trofi Liga Champions musim ini jatuh ke tangan tim lawan setelah laga PSG vs Bayern Muenchen berakhir dengan skor 0-1.AFP/POOL/DAVID RAMOS Pemain Paris Saint-Germain (PSG) Neymar meluapkan kesedihan setelah pertandingan melawan Bayern Muenchen dalam babak final Liga Champions di Stadion Da Luz, Lisbon, Portugal, Minggu (23/8/2020). Neymar harus pasrah melihat trofi Liga Champions musim ini jatuh ke tangan tim lawan setelah laga PSG vs Bayern Muenchen berakhir dengan skor 0-1.

Pada periode sama 2020, dalam perbandingan, hanya tercatat 74 pemain di jendela transfer itu.

Baca juga: Pemain Brasil Ini Tak Sabar Merumput dengan Lionel Messi di Barcelona

"Terjadi penurunan hingga 62 persen," kata pernyataan Transfermarkt.

Willian resmi menjadi pemain Arsenal pada Jumat (14/8/2020). DOK. ARSENAL Willian resmi menjadi pemain Arsenal pada Jumat (14/8/2020).

Saat ini, klub-klub Eropa, khususnya, menurut pandangan komentator ESPN Gustavo Hofman, tengah mengalami kondisi keuangan yang sulit.

Kiper Liverpool, Alisson, memberikan instruksi di pertandingan kontra Tottenham pada laga lanjutan Liga Inggris di Tottenham Stadium, Minggu (12/1/2020) dini hari WIB.
AFP/GLYN KIRK Kiper Liverpool, Alisson, memberikan instruksi di pertandingan kontra Tottenham pada laga lanjutan Liga Inggris di Tottenham Stadium, Minggu (12/1/2020) dini hari WIB.

Sementara, data terkini yang dirilis International Centre for Sports Studies (ICSS) yang berbasis di Swiss menunjukkan, per Mei 2020, Brasil paling banyak mengekspor pesepak bolanya ke luar negeri.

Marcelo dalam laga El Clasico Real Madrid vs Barcelona pada jornada ke-26 Liga Spanyol 2019-2020AFP/JAVIER SORIANO Marcelo dalam laga El Clasico Real Madrid vs Barcelona pada jornada ke-26 Liga Spanyol 2019-2020

Angkanya mencapai 2.742 orang.

Argentina ada di peringkat kedua menyusul Brasil dengan angka 2.330 pesepak bola.

Lantas, posisi ketiga diduduki oleh Perancis yang melepas 1.740 pesepak bola ke luar negeri.

Christian Eriksen mendapat kawalan dari Abdoulaye Doucoure saat Tottenham Hotspur berhadapan dengan Watford di Stadion Vicarage Road, 2 September 2018. AFP/OLLY GREENWOOD Christian Eriksen mendapat kawalan dari Abdoulaye Doucoure saat Tottenham Hotspur berhadapan dengan Watford di Stadion Vicarage Road, 2 September 2018.



Sumber Reuters
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X