Jika Ada Pemain yang Positif Covid-19, PSSI Pastikan Liga 1 2020 Tetap Berlanjut

Kompas.com - 12/09/2020, 08:00 WIB
Tim Persib Bandung menggelar training games untuk mematangkan persiapan menghadapi lanjutan Liga 1 2020 di Stadion GBLA, Kota Bandung, Sabtu (22/8/2020).  Official Persib BandungTim Persib Bandung menggelar training games untuk mematangkan persiapan menghadapi lanjutan Liga 1 2020 di Stadion GBLA, Kota Bandung, Sabtu (22/8/2020).

KOMPAS.com - Liga 1 2020 akan tetap dilanjutkan apabila di tengah-tengah kompetisi ada pemain yang positif virus corona.

Hal itu diungkapkan oleh Pelaksana tugas Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi.

Seperti dilansir dari Antara, Yunus Nusi mengatakan bahwa PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1 sudah memiliki kebijakan jika ada pemain yang terjangkit Covid-19 saat berkompetisi.

"Insyaallah semua akan tetap berjalan. Ketika ada pemain yang terpapar, itu sudah diantisipasi oleh PSSI dan PT LIB," kata Yunus Nusi.

Baca juga: Shopee Liga 1 2020 Kembali, PSSI: Sepak Bola adalah Olahraga Rakyat

Yunus Nusi menekankan PSSI dan PT LIB sudah memiliki protokol kesehatan pencegahan dan penanganan Covid-19 yang lengkap dan detail.

Lebih lanjut, Yunus menjelaskan bahwa protokol itu diadopsi dari regulasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA), Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), dan Federasi Sepak Bola Jerman (DFB).

"Di dalam protokol ada banyak opsi, termasuk apa yang harus dilakukan ketika ada satu atau dua pemain yang terinfeksi Covid-19," ujar Yunus Nusi.

Pernyataan Yunus Nusi pun diamini oleh Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita.

Dia menegaskan pihaknya telah mengantisipasi kemungkinan terburuk dari penyebaran Covid-19 saat liga berlangsung.

"Kami berharap tidak ada penghentian liga. Sejak awal, kami sudah bekerja sama dan berkoordinasi dengan PSSI, terasuk Satgas Penanganan Covid-19," kata Akhmad.

Baca juga: PT LIB Nilai Kelanjutan Shopee Liga 1 2020 Kurang Ideal karena Hal Ini

Akhmad memastikan PT LIB akan menjalankan liga dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Seluruh tim nantinya wajib mengirimkan laporan kesehatan setiap hari kepada PT LIB. Seluruh fasilitas yang digunakan untuk liga juga harus steril dan tidak boleh sembarangan dimasuki orang lain.

PT LIB juga menjelaskan bahwa pemain tidak bisa membela timnya jika terdapat gejala flu ringan.

Adapun Liga 1 2020 akan dilanjutkan mulai 1 Oktober 2020 hingga 28 Februari 2021 tanpa degradasi.



Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X