LaLiga Invisible Training: Logistik Nutrisi bagi Klub Liga Spanyol

Kompas.com - 06/09/2020, 12:00 WIB
Area makan, yang secara tradisional disebut sebagai Txoko dalam bahasa Basque, di markas klub Liga Spanyol, Eibar. LALIGAArea makan, yang secara tradisional disebut sebagai Txoko dalam bahasa Basque, di markas klub Liga Spanyol, Eibar.

KOMPAS.com - LaLiga Invisible Training kali ini kembali dengan melihat logistik yang diperlukan agar para pemain mendapatkan nutrisi sepenuhnya pada sebuah hari laga.

Artikel ini kami persembahkan kepada pembaca sebagai sebuah hasil kerja sama eksklusif Kompas.com serta BolaSport.com dengan LaLiga, penyelenggara kompetisi profesional di Spanyol.

Setelah pembahasan mengenai pentingnya nutrisi dan seperti apa diet pesepak bola, kita akan melihat seperti apa tantangan yang dihadapi dalam menghadirkan konsumsi level elite kepada para pesepak bola nomor satu di Spanyol.

Baca juga: LaLiga Invisible Training: Pentingnya Nutrisi bagi Klub Liga Spanyol

Tantangan besar lainnya yang dihadapi oleh ahli nutrisi di seluruh klub LaLiga berada di tingkat struktural dan organisasi.

Sudah sebuah standar bagi para pemain dari seluruh klub untuk mengonsumsi sarapan dan makan siang di tempat latihan setiap harinya.

Kita cukup melihat Real Betis, di mana baru-baru ini mereka merenovasi tempat latihan untuk membuat dapur khusus, fasilitas makan, serta ruang istirahat dan mengisi waktu luang.

Pembangunan ini merupakan satu langkah lain dalam komitmen klub berjuluk betico itu bagi departemen nutrisi mereka.

Baca juga: LaLiga Invisible Training: Melihat Diet Pesepak Bola di Spanyol

Bahkan, ahli nutrisi Betis, Giuseppe Ricciardi, memiliki tempat tersendiri di dalam ruang ganti dengan kulkas, mesin pembuat kopi, dan meja untuk memotong buah dan menyajikannya.

Giuseppe Ricciardi (kanan), ahli nutrisi Real Betis saat menemani para pemain di ruang ganti.LALIGA Giuseppe Ricciardi (kanan), ahli nutrisi Real Betis saat menemani para pemain di ruang ganti.

Ia juga punya sebuah ‘bar’ kecil untuk memfasilitasi ‘pemulihan pertama’ sebanyak mungkin.

Sekarang, verdiblancos juga menawarkan para pemain kemungkinan untuk membawa makan malam mereka ke rumah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X