Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LaLiga Invisible Training: Logistik Nutrisi bagi Klub Liga Spanyol

Kompas.com - 06/09/2020, 12:00 WIB
Firzie A. Idris

Penulis

KOMPAS.com - LaLiga Invisible Training kali ini kembali dengan melihat logistik yang diperlukan agar para pemain mendapatkan nutrisi sepenuhnya pada sebuah hari laga.

Artikel ini kami persembahkan kepada pembaca sebagai sebuah hasil kerja sama eksklusif Kompas.com serta BolaSport.com dengan LaLiga, penyelenggara kompetisi profesional di Spanyol.

Setelah pembahasan mengenai pentingnya nutrisi dan seperti apa diet pesepak bola, kita akan melihat seperti apa tantangan yang dihadapi dalam menghadirkan konsumsi level elite kepada para pesepak bola nomor satu di Spanyol.

Baca juga: LaLiga Invisible Training: Pentingnya Nutrisi bagi Klub Liga Spanyol

Tantangan besar lainnya yang dihadapi oleh ahli nutrisi di seluruh klub LaLiga berada di tingkat struktural dan organisasi.

Sudah sebuah standar bagi para pemain dari seluruh klub untuk mengonsumsi sarapan dan makan siang di tempat latihan setiap harinya.

Kita cukup melihat Real Betis, di mana baru-baru ini mereka merenovasi tempat latihan untuk membuat dapur khusus, fasilitas makan, serta ruang istirahat dan mengisi waktu luang.

Pembangunan ini merupakan satu langkah lain dalam komitmen klub berjuluk betico itu bagi departemen nutrisi mereka.

Baca juga: LaLiga Invisible Training: Melihat Diet Pesepak Bola di Spanyol

Bahkan, ahli nutrisi Betis, Giuseppe Ricciardi, memiliki tempat tersendiri di dalam ruang ganti dengan kulkas, mesin pembuat kopi, dan meja untuk memotong buah dan menyajikannya.

Giuseppe Ricciardi (kanan), ahli nutrisi Real Betis saat menemani para pemain di ruang ganti.LALIGA Giuseppe Ricciardi (kanan), ahli nutrisi Real Betis saat menemani para pemain di ruang ganti.

Ia juga punya sebuah ‘bar’ kecil untuk memfasilitasi ‘pemulihan pertama’ sebanyak mungkin.

Sekarang, verdiblancos juga menawarkan para pemain kemungkinan untuk membawa makan malam mereka ke rumah.

Hal tersebut merupakan langkah terbaik untuk mengontrol sepenuhnya apa yang pemain konsumsi, serta mempromosikan kontak harian dan alur informasi.

Bagaimana jika mereka bepergian dan fasilitas normal itu tidak tersedia?

”Menu kemudian dikirim kepada hotel klub, dan saya membahasnya dengan kepala pelayan dan koki,“ jelas Hector Uso, ahli nutrisi dari Villarreal.

Baca juga: LaLiga Invisible Training: Studi Metabolisme dan Uji Genetik demi Patahkan Mitos Berat Badan

Koordinasi tersebut tak cukup.

Demi mencegah adanya permasalahan, mereka terkadang mengirim makanan serta wajan dari titanium sehingga tidak menempelkan zat beracun ke makanan. 

Hector Uso, ahli gizi di klub Liga Spanyol, Villarreal CF.LALIGA Hector Uso, ahli gizi di klub Liga Spanyol, Villarreal CF.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com