LaLiga Invisible Training: Melihat Diet Pesepak Bola di Spanyol

Kompas.com - 03/09/2020, 13:00 WIB
Giuseppe Ricciardi, ahli nutrisi klub Liga Spanyol, Real Betis. LALIGAGiuseppe Ricciardi, ahli nutrisi klub Liga Spanyol, Real Betis.

KOMPAS.com - LaLiga Invisible Training kali ini akan mengulas rahasia diet dan pola konsumsi pesepak bola Liga Spanyol.

Artikel ini kami tampilkan kepada pembaca sebagai sebuah hasil kerja sama eksklusif Kompas.com serta BolaSport.com dengan LaLiga, penyelenggara kompetisi profesional di Spanyol.

Akhir-akhir ini, Asosiasi Ahli Diet dan Nutrisi Klub Sepakbola Spanyol (ADNEFE) bekerja sama untuk meningkatkan visibilitas serta membagikan pengetahuan baik di dalam negeri dan internasional.

Marcos Llorente dan Ibai Gomez melakukan diet Paleo selama beberapa tahun. Di usia 34 tahun, Sergio Ramos semakin terlihat berotot.

Baca juga: LaLiga Invisible Training: Pentingnya Nutrisi bagi Klub Liga Spanyol

Pemain veteran lainnya juga melawan usia dengan menunjukkan performa terbaiknya saat ini: Joaquin Sanchez, Lionel Messi, Karim Benzema, Santi Cazorla, Luka Modric, Jose Luis Morales, dan banyak lagi.

Landasan diet pesepak bola serupa dengan masyarakat umum atau atlet amatir lainnya: Diet sehat dan seimbang, tetapi dalam kuantitas lebih besar untuk memastikan mereka memiliki cukup energi untuk menunjang level performa istimewa.

“Dasar umumnya adalah karbohidrat dan protein mudah dicerna: Pasta, nasi, ayam. Tujuannya adalah memulihkan energi. Makanan rendah serat, tidak memiliki kandungan biji-bijian banyak,” jelas Aurora Cid, ahli nutrisi dari SD Eibar.

"Plus makanan yang memiliki protein nabati dan hewani, seperti ikan atau daging ditambah dengan buah, sayur, biji-bijian, dan telur."

Aurora Cid, ahli nutrisi tim Liga Spanyol, Eibar.LALIGA Aurora Cid, ahli nutrisi tim Liga Spanyol, Eibar.

 

Jadi, dalam setiap menu dari klub Armero tersebut, Anda dapat menemukan piring berisi: salad kacang; salad quinoa dengan mangga dan alpukat; tumis bayam, ayam dan ubi jalar; kembang kol; pasta kacang dengan udang dan sayuran.

Quinoa merupakan alternatif pengganti nasi bagi mereka yang sedang diet atau sekadar ingin menjalani pola makan lebih sehat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X