Kompas.com - 03/09/2020, 10:00 WIB
Pemain Arema FC Bagas Adi Nugroho mengalami masalah pada engkel kaki saat latihan fisik di Pantai Nganteb Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (02/09/2020) pagi. KOMPAS.com/Suci RahayuPemain Arema FC Bagas Adi Nugroho mengalami masalah pada engkel kaki saat latihan fisik di Pantai Nganteb Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (02/09/2020) pagi.

MALANG, KOMPAS.com - Latihan yang diselenggarakan Arema FC di Pantai Nganteb Kabupaten Malang, Rabu (02/09/2020), siang memakan korban.

Bek muda Bagas Adi Nugroho terpaksa menepi untuk sementara waktu karena mengalami masalah pada engkel kakinya.

Latihan kali ini memang memiliki tujuan khusus selain sebagai variasi untuk menghilangkan penat. 

Tekstur pasir yang tidak padat membuat latihan fisik terasa lebih berat sehingga sengaja dipilih untuk menguji fisik pemain.

Sayang, latihan di atas pasir juga berisiko membuat cedera jika tidak berhati-hati, seperti yang dirasakan oleh Bagas.

Baca juga: Calon Pelatih Baru Arema FC Sudah Pantau Latihan Lewat Grup Whatsapp

“Kalau kambuhan sih tidak, karena latihan di pasir jadi tidak stabil dan terasa nyeri. Makanya daripada kami paksakan lebih baik istirahat,“ kata sport therapist Arema FC, David Setiawan.

David Setiawan mengungkapkan cedera Bagas Adi Nugroho bisa jadi lanjutan dari cedera engkel saat pekan kedua Liga 1 2020 melawan Persib Bandung (08/03/2020).

Ada kemungkinan, proses penyembuhan pemain berusia 23 tahun tersebut tidak tuntas sepenuhnya sehingga muncul rasa sakit yang dipatik oleh pola latihan tidak biasa di pasir pantai.

“Kemungkinan, waktu itu saat TC jadi proses pemulihan dari kami tidak maksimal karena Bagas pulang ke rumah, dan tim pun di rumah masing-masing,” ucap terapis yang biasa disapa David.

Baca juga: Dua Rute Gowes Favorit Bagas Adi, Sang Penggemar Sepeda dan Motor

“Dia sempat cek fisio di klinik tetapi kami tidak bisa memantaunya 100 persen. Ini baru pertama dia (berlatih) di pasir pantai jadi terasa nyerinya,“ imbuhnya.

Kabar baiknya, David Setiawan mengatakan cedera Bagas Adi Nugroho tidak terlalu parah.

Namun, ia perlu melakukan observasi lebih lanjut untuk memastikan kembali.

“Kalau recovery mungkin satu dua hari saja, tapi tetap lihat kondisi pemainnya. Karena berbeda ketika di lapangan dan di pasir, nyerinya juga beda. Kemarin juga tidak ada keluhan nyeri, baru tadi di pasir,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.