Kisah Menyentuh Van de Beek Memilih Nomor 34 di Man United

Kompas.com - 03/09/2020, 09:10 WIB
Donny van de Beek bersama rekannya di Ajax Amsterdam, Abdelhak Nouri. Van de Beek memilih nomor 34 sebagai penghormatan kepada Nouri yang mengalami kerusakan otak permanen setelah terkena serangan jantung saat bermain bagi Ajax pada Juli 2017. TWITTER.com/Donny_beek6Donny van de Beek bersama rekannya di Ajax Amsterdam, Abdelhak Nouri. Van de Beek memilih nomor 34 sebagai penghormatan kepada Nouri yang mengalami kerusakan otak permanen setelah terkena serangan jantung saat bermain bagi Ajax pada Juli 2017.

KOMPAS.com - Pembelian baru Manchester United, Donny van de Beek, memilih nomor 34 di klub barunya sebagai penghormatan bagi Abdelhak Nouri, rekan dan sahabat dekatnya ketika masih bermain di Ajax Amsterdam.

Donny van de Beek dan Abdelhak Nouri menapak tangga tim akademi Ajax Amsterdam bersama.

Namun, tragedi menghampiri pada Juli 2019. Abdelhak Nouri kolaps di lapangan dan mengalami serangan jantung pada sebuah laga persahabatan pramusim kontra Werder Bremen.

Baca juga: Donny van de Beek Resmi Gabung ke Manchester United

Ketika ditangani di rumah sakit, terdeteksi bahwa sang pemain menderita kerusakan otak serius dan permanen.

Ia masuk ke kondisi koma selama dua tahun dan sembilan bulan lebih sebelum akhirnya terbangun pada akhir Maret ini.

Tragedi yang menimpa Nouri ini membuat Van de Beek memilih nomor punggung 34, nomor terakhir Nouri di Ajax Amsterdam untuk petualangannya bersama Man United.

"Ini hal spesial bagi saya karena sahabat baik saya Abdelhak Nouri... mungkin Anda sudah mendengar ceritanya," tutur Van de Beek di situs resmi klub.

"Saya punya hubungan sangat dekat dengan keluarganya dan adik dia adalah salah satu kawan baik saya."

"Itulah kenapa saya memilih nomor lamanya untuk di Man United. Saya ingin menciptakan kisah indah dengan nomor ini," lanjutnya.

Nomor punggung 34 di Man United sebenarnya milik Dean Henderson tetapi kiper yang baru kembali dari Sheffield United ini menyerahkan nomor tersebut ke Van de Beek.

Baca juga: Respons Telat Tim Medis Ajax yang Membuat Otak Abdelhak Nouri Rusak Permanen

Gestur menyentuh Van de Beek ini juga dilakukan beberapa rekan setim Abdelhak Nouri.

Awal musim panas ini, Joel Veltman pun memilih nomor 34 saat pindah ke Brighton.

Sebelum itu, mantan pemain Ajax lain yang juga memilih nomor 34 adalah Justin Kluivert saat pindah ke AS Roma

Donny van de Beek menjadi pembelian pertama Manchester United pada musim panas ini dengan mahar awal 34,7 juta pound dari Ajax Amsterdam plus bonus 4,4 juta pound.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X