Bukan Faks "Jadul", Ini Penjelasan Burofax yang Messi Kirim ke Presiden Barcelona

Kompas.com - 26/08/2020, 15:20 WIB
Sebuah gambar selebaran yang diambil dan dirilis pada 19 Mei 2014 oleh FC Barcelona menunjukkan Lionel Messi (kiri) Barcelona bersalaman dengan presiden FC Barcelona Josep Maria Bartomeu setelah menandatangani kontrak barunya dengan klub Catalan di Stadion Camp Nou di Barcelona. Striker Barcelona Lionel Messi menandatangani kontrak baru dengan klub Catalan hari ini. Messi menyetujui kesepakatan baru senilai 20 juta euro (27,4 juta USD) yang dilaporkan setahun lalu. AFP/MIGUEL RUIZSebuah gambar selebaran yang diambil dan dirilis pada 19 Mei 2014 oleh FC Barcelona menunjukkan Lionel Messi (kiri) Barcelona bersalaman dengan presiden FC Barcelona Josep Maria Bartomeu setelah menandatangani kontrak barunya dengan klub Catalan di Stadion Camp Nou di Barcelona. Striker Barcelona Lionel Messi menandatangani kontrak baru dengan klub Catalan hari ini. Messi menyetujui kesepakatan baru senilai 20 juta euro (27,4 juta USD) yang dilaporkan setahun lalu.

KOMPAS.com - Lionel Messi dikabarkan mengirim faks ke Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, pada Selasa (25/8/2020) untuk mengabarkan keinginannya meninggalkan Blaugrana.

Kendati demikian, faks yang dikirim Lionel Messi ini bukan sepenuhnya faksimile dalam artian jaman dahulu atau "jadul".

Burofax di Spanyol merupakan surat komunikasi yang bersertifikat dan memiliki kekuatan hukum di pengadilan.

Menurut As, surat ini sering digunakan untuk membuktikan secara legal bahwa sang penerima menerima dokumen tersebut dalam suatu tanggal tertentu dan juga apa isi konten itu.

Baca juga: Utak-atik Klausul Kontrak Lionel Messi untuk Tinggalkan Barcelona

Pengadilan akan juga menerima kwitansi penerimaan pengiriman sebagai bukti dokumen bersangkutan telah dikirim pada tanggal tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Surat komunikasi ini terlahir di Spanyol sebagai faks pos dari perusahaan pos negara Spanyol yang bernama Correos.

Alhasil, nama burrofax ini merupakan hak cipta terdaftar di Spanyol. Namun, istilah tersebut sudah masuk ke kosa kata keseharian di Spanyol.

Burofax bisa dikirim melalui faksimile biasa, secara pribadi di kantor pos, atau secara online lewat situs Correos.

Baca juga: Kalimat Ronald Koeman yang Bikin Lionel Messi Marah

Messi mengandalkan klausal dalam kontraknya yang mengizinkan dia untuk mengakhiri kontrak bersama Barcelona selama sepiihak sebelum akhir musim 2019-2020.

Hal ini pada awalnya dimaksud pada 31 Mei 2020.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X