Pelatih Madura United Lihat Peluang Besar dalam Perekrutan Pemain Asing Berusia Muda

Kompas.com - 21/08/2020, 10:00 WIB
Pemain asal Brasil berposisi striker yang bergabung Madura United Robert Junior Rodrigues Santos. Dokumentasi Madura UnitedPemain asal Brasil berposisi striker yang bergabung Madura United Robert Junior Rodrigues Santos.

BANGKALAN, KOMPAS.com - Pelatih Madura United, Rahmad Darmawan menyambut baik perekrutan striker Brasil berusia 19 tahun, Robert Rodriguez Santos.

Terlepas dari kontroversi yang muncul di publik, pelatih yang biasa disapa RD tersebut melihat ada potensi besar dalam program investasi jangka panjang.

Rahmad Darmawan mengungkapkan wacana ini sebenarnya sudah menjadi desas-desus. Dia masih ingat sekitar minggu lalu bertemu dengan Direktur Madura United, Haruna Soemitro untuk membahas soal ini.

Namun saat itu dia mengaku belum yakin sepenuhnya, tapi secara garis besar menemukan potensi besar pada program itu.

“Waktu itu Pak Haruna mengatakan ‘coach kita kemungkinan akan mencoba untuk menguji 1 pemain muda asal Brasil’,” kata Rahmad Darmawan menirukan perkataan Haruna Soemitro kala itu.

Baca juga: Aturan FIFA Ini Bisa Jegal Rencana Naturalisasi Pemain Muda Brasil untuk Piala Dunia U20

“Iya atau tidaknya belum pasti. Kalau toh jadi, saya ingin pemain muda ini kami proyeksikan jangka panjang,” imbuhnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pelatih asal Lampung tersebut pun merasa tidak keberatan dengan adanya program ini. Sebaliknya dia memberikan kesan positif dan memberikan dukungan.

Baginya program investasi pemain muda ini bukan hal baru di Madura United. Tim berjuluk Laskar Sape Kerrab sudah mulai menerapkannya beberapa tahun belakangan dengan merekrut pemain-pemain muda bertalenta dan pemain timnas kelompok usia. 

Namun memang berinvestasi dengan pemain asing adalah sebuah pengalaman baru bagi Rahmad Darmawan.

Menurutnya ini akan menjadi sebuah proyek besar kedepannya dan akan menjadi sebuah game changer untuk persepakbolaan Indonesia dan kompetisi nasional.

“Selayaknya klub internasional, itu biasanya rekrutmen pemain-pemain yang bagus justru saat usia beranjak senior (U-20). Kalau usia masih 20 ke bawah itu usia investasi, termasuk beberapa pemain kami disini,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.