Langkah Terobosan PSSI dan Istilah Nasionalisasi, Bukan Naturalisasi

Kompas.com - 21/08/2020, 05:40 WIB
Slide presentasi Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, yang menunjukkan strategi PSSI terkait naturalisasi/nasionalisasi jelang Piala Dunia U20 2021. PSSISlide presentasi Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, yang menunjukkan strategi PSSI terkait naturalisasi/nasionalisasi jelang Piala Dunia U20 2021.

KOMPAS.com - Wacana PSSI untuk melakukan naturalisasi pemain naik ke permukaan seiring kehadiran lima pemain di bawah 20 tahun asal Brasil ke tiga klub Liga 1 jelang akhir pekan ini.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, pernah menuturkan soal pertimbangan PSSI melakukan naturalisasi pemain jelang Piala Dunia U20 2021.

Sepak bola Indonesia kedatangan lima darah muda asal Negeri Samba.

Thiago Apolinario (19) dan Maike Henrique Irine de Lima (19) bergabung bersama Persija.

Arema FC menyambut kedatangan Pedro Bartolo Jardim (18) dan Hugo Guilherme Correa Grillo (19).

Sementara, Robert Junior Rodrigues Santos (19) merapat ke Madura United.

Manajer Arema FC, Ruddy Widodo, menilai bahwa para pemain ini sebagai bentuk investasi jangka panjang klub.

Hal tersebut juga dikatakan oleh Presiden Persija, Mohamad Prapanca, yang mengatakan bahwa para pemain tersebut akan menambah amunisi pemain asing.

Baca juga: Naturalisasi Pemain Brasil, Bukan Langkah Terobosan yang Dimaksud PSSI

Kehadiran para personel ini langsung mengundang polemik karena mereka dianggap sebagai pemain titipan PSSI untuk membuat Timnas Indonesia berbicara lebih banyak di Piala Dunia U20 2021.

Presiden Madura United, Achsanul Qosasi, mengutarakan kepada salah satu media olahraga nasional bahwa klubnya mendatangkan Robert Santos sebagai wujud kerja sama dalam menampung calon pemain naturalisasi demi kepentingan Piala Dunia U20 2021.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X