Semifinal Liga Champions, Kesamaan Trio Pelatih Asal Jerman

Kompas.com - 18/08/2020, 19:43 WIB
Pelatih Bayern Muenchen, Hans-Dieter Flick. AFP/WERNER EIFRIEDPelatih Bayern Muenchen, Hans-Dieter Flick.

LISABON, KOMPAS.com - Tiga dari empat klub peserta semifinal Liga Champions 2019 dilatih oeh juru taktik asal Jerman.

Mereka adalah Hansi Flick yang menjadi pelatih Bayern Muenchen, Thomas Tuchel untuk PSG, dan Julian Nagelsmann yang menjadi pelatih RB Leipzig.

Baca juga: Semifinal Liga Champions, Dominasi Tiga Pelatih Asal Jerman

Ada satu hal yang menarik yang menjadi kesamaan trio pelatih itu.

RB Leipzig - 1899 Hoffenheim di Red Bull Arena Leipzig. Pelatih Leipzig, Julian Nagelsmann bereaksi di garis samping RB Leipzig - 1899 Hoffenheim di Red Bull Arena Leipzig. Pelatih Leipzig, Julian Nagelsmann bereaksi di garis samping

Ketiga pelatih itu sama-sama mengalami cedera yang mengakibatkan mereka harus mengakhir karier sebagai pemain lebih cepat dan beralih menjadi pelatih.

Di antara ketiga pelatih itu, Hansi Flick adalah yang paling tua.

Pelatih berusia 55 tahun itu adalah mantan pemain tengah Bayern Muenchen.

Kylian Mbappe (kiri) bersama sang pelatih, Thomas Tuchel (kanan), saat Paris Saint-Germain (PSG) berhadapan dengan Lille di Liga Perancis, 22 November 2019.AFP/BERTRAND GUAY Kylian Mbappe (kiri) bersama sang pelatih, Thomas Tuchel (kanan), saat Paris Saint-Germain (PSG) berhadapan dengan Lille di Liga Perancis, 22 November 2019.

Dengan total penampilan 100 kali di Muenchen, Flick sudah empat kali mengantar Muenchen empat kali juara Bundesliga pada 1986 hingga 1990.

Hansi Flick adalah asisten pelatih Timnas Jerman di Piala Dunia 2014.

Bek RB Leipzig, Dayot Upamecano, beraksi pada laga perempat final Liga Champions kontra Atletico Madrid di Stadion Jose Alvade, Lisbon, pada 13 Agustus 2020.AFP/MIGUEL A. LOPES Bek RB Leipzig, Dayot Upamecano, beraksi pada laga perempat final Liga Champions kontra Atletico Madrid di Stadion Jose Alvade, Lisbon, pada 13 Agustus 2020.

Kala itu, Jerman menumpas tim favorit Brasil 7-1.

Thomas Tuchel yang kini berusia 46 tahun sukses membawa PSG masuk ke jajaran semifinal Liga Champions.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X