Kompas.com - 18/08/2020, 19:20 WIB
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, memantau sesi latihan timnya di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Selasa (18/8/2020). Official Persib BandungPelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, memantau sesi latihan timnya di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Selasa (18/8/2020).

BANDUNG, KOMPAS.com - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, mendukung rencana penambahan jumlah pergantian pemain dalam Liga 1 2020.

Lanjutan kompetisi strata tertinggi sepak bola Indonesia itu akan berjalan dengan sejumlah aturan baru.

Salah satu aturan baru yang akan diterapkan adalah, penambahan jumlah pergantian pemain dalam sebuah pertandingan, dari tiga menjadi lima.

Aturan tersebut juga diterapkan di sejumlah kompetisi Eropa seperti Bundesliga hingga Premier League.

Baca juga: Kesan Febri Hariyadi Jalani Latihan Kolektif Persib Setelah 5 Bulan Lamanya

Alberts mengatakan, memang sudah seharusnya PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) menerapkan kebijakan terkait penambahan jumlah pergantian pemain.

Pasalnya, kompetisi akan berlangsung dengan jumlah pertandingan yang padat.

Seperti diketahui, Liga 1 2020 akan dilanjutkan pada 1 Oktober dan ditargetkan berakhir pada akhir Februari.

Dengan sisa 31 laga, rata-rata kesebelasan akan memainkan tiga pertandingan dalam setiap pekannya.

Menghadapi kompetisi dengan jadwal yang padat, fisik pemain akan terkuras. Oleh karena itu, rotasi pemain menjadi solusi untuk menstabilkan performa tim.

Selain itu, rotasi juga dilakukan untuk mengurangi potensi cedera pemain karena kelelahan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X