Kompas.com - 08/08/2020, 16:20 WIB

KOMPAS.com - PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi memastikan bahwa juara Liga 2 musim 2020 total akan mendapatkan uang Rp 1,5 miliar.

Uang tersebut berasal dari hadiah dan subsidi yang diberikan bertahap sejak babak penyisihan.

Jumlah tersebut dipaparkan PT LIB dalam surat bernomor 261/LIB-KOM/VIII/2020 bertanggal 6 Agustus 2020 yang dibagikan kepada seluruh klub peserta Liga 2, sebagaimana diwartakan Antara.

Jumlah Rp 1,5 miliar untuk juara Liga 2 berasal dari subsidi Rp 600 juta yang diperoleh saat babak penyisihan grup, Rp 200 juta di fase perempat final, Rp 200 juta di semifinal dan hadiah Rp 500 juta yang diberikan saat menjadi juara.

Baca juga: Babel Muba United FC Target Promosi dan Antusias Sambut Kelanjutan Liga 2

Adapun peringkat kedua Liga 2 total mengumpulkan subsidi sebesar Rp 1,3 miliar. Bedanya dari sang juara, tim 'runner up' berhak atas hadiah Rp 300 juta setelah laga final usai.

Dengan demikian, setiap tim Liga 2 musim ini minimal bakal mengantongi uang subsidi sebesar Rp 600 juta yang diberikan bertahap dalam empat termin, mulai September hingga Desember 2020.

Adapun untuk babak perempat final, masing-masing tim mendapatkan Rp 200 juta yang dicicil dua termin. Jika lolos ke empat besar, setiap tim mendapatkan uang lagi sebesar Rp 200 juta yang juga dibagi dalam dua termin.

Liga 2 Indonesia musim 2020 dipastikan dihelat kembali pada 17 Oktober hingga 5 Desember.

Suasana laga pembuka Liga 2 2020 yang mempertemukan Persiba Balikpapan vs Kalteng Putra di Stadion Batakan, Balikpapan, Sabtu 14 April 2020.KOMPAS.COM/ FARAHDILLA PUSPA Suasana laga pembuka Liga 2 2020 yang mempertemukan Persiba Balikpapan vs Kalteng Putra di Stadion Batakan, Balikpapan, Sabtu 14 April 2020.

Kompetisi diawali dengan babak penyisihan fase grup, di mana 24 tim peserta dibagi ke dalam empat grup.

Baca juga: Progres Persiapan Lanjutan Liga 1 2020, PT LIB Masih Tunggu Putusan Tiga Klub

Setelah itu, delapan klub terbaik akan masuk ke babak perempat final. Tim-tim kemudian ditempatkan ke dalam dua grup.

Rencananya, pertandingan empat besar dan final dilaksanakan dengan pertandingan tunggal (single match).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.