Peraturan Baru Liga Inggris - Batuk Disengaja? Siap-siap Kartu Kuning atau Merah

Kompas.com - 04/08/2020, 09:37 WIB
Wasit Liga Inggris, Mike Dean, memberikan kartu merah kepada salah satu pemain Manchester City. JUSTIN SETTERFIELD/GETTY IMAGES EUROPE/GETTY IMAGES VIA AFPWasit Liga Inggris, Mike Dean, memberikan kartu merah kepada salah satu pemain Manchester City.

KOMPAS.com - Federasi Sepak Bola Inggris (FA) mengeluarkan peraturan baru di tengah pandemi.

Pemain bisa diganjar kartu kuning atau kartu merah jika sengaja batuk di hadapan wajah lawan atau wasit.

Peraturan anyar ini dikeluarkan FA untuk pertandingan sepak bola di tengah pandemi Covid-19 yang segera berlaku di semua kompetisi Liga Inggris, mulai dari level Premier League hingga Football League.

Baca juga: Arsenal Juara Piala FA, Liga Inggris Berpeluang Kirim 8 Wakilnya ke Kompetisi Eropa

Dokumen FA mengatakan wasit harus mengambil tindakan ketika "pemain dengan sengaja, dan dari jarak dekat, terbatuk ke wajah lawan atau ofisial pertandingan," sebagaimana dilansir dari ESPN.

Pelanggaran itu termasuk bagian dari "menggunakan bahasa dan/atau gerak tubuh yang ofensif, menghina atau kasar."

Wasit Anthony Taylor memberikan kartu kuning kepada Cesar Azpilicueta pada laga final Piala FA 2019-2020 antara Arsenal dan Chelsea.AFP/CATHERINE IVILL/POOL Wasit Anthony Taylor memberikan kartu kuning kepada Cesar Azpilicueta pada laga final Piala FA 2019-2020 antara Arsenal dan Chelsea.

"Jika insiden itu tidak terlalu parah untuk diganjar kartu merah, peringatan bisa dikeluarkan wasit sebagai bagian dari perilaku tak sportif ataupun penghinaan terhadap pertandingan," demikian pernyataan FA.

Kendati demikian, sebagaimana dinukil dari Antara, regulasi tersebut menekankan bahwa wasit harus bisa membedakan batuk yang wajar sembari terus mengingatkan agar pemain tidak meludah di lapangan, pun hal itu tidak dianggap sebagai tindakan melanggar.

Baca juga: Timo Werner Percaya Diri Jajal Liga Inggris bersama Chelsea

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.