Pandemi Bawa Berkah, Penonton Tayangan Final FA Melimpah

Kompas.com - 03/08/2020, 16:29 WIB
Striker Gabon asal Gabon Pierre-Emerick Aubameyang merayakan gol kedua timnya saat pertandingan final Piala FA antara Arsenal dan Chelsea di Stadion Wembley di London, pada 1 Agustus 2020. AFP/CATHERINE IVILLStriker Gabon asal Gabon Pierre-Emerick Aubameyang merayakan gol kedua timnya saat pertandingan final Piala FA antara Arsenal dan Chelsea di Stadion Wembley di London, pada 1 Agustus 2020.

WEMBLEY, KOMPAS.com - Pandemi corona di Inggris bahkan membawa berkah.

Lembaga penyiaran milik pemerintah Inggris, BBC, membeberkan buktinya.

"Jumlah penonton tayangan final FA Cup justru melimpah," kata pernyataan BBC.

Striker Gabon Gabon Arsenal-Emerick Aubameyang (C) memegang trofi pemenang saat tim merayakan kemenangan setelah pertandingan sepak bola final Piala FA Inggris antara Arsenal dan Chelsea di Stadion Wembley di London, pada 1 Agustus 2020. - Arsenal memenangkan pertandingan 2- 1.AFP/ADAM DAVY Striker Gabon Gabon Arsenal-Emerick Aubameyang (C) memegang trofi pemenang saat tim merayakan kemenangan setelah pertandingan sepak bola final Piala FA Inggris antara Arsenal dan Chelsea di Stadion Wembley di London, pada 1 Agustus 2020. - Arsenal memenangkan pertandingan 2- 1.

Laga final FA Cup yang mempertemukan Arsenal melawan Chelsea berlangsung pada 1 Agustus 2020.

Laga tanpa penonton itu disiarkan dari Stadion Wembley.

Arsenal menjadi juara FA Cup 2019-2020 usai menghentikan perlawanan Chelsea dengan skor 2-1 .

Baca juga: Tottenham Vs Norwich, The Lilywhites Unggul di Babak Pertama FA Cup

"Jumlah penonton kami pada laga itu 8,2 juta," kata pernyataan BBC.

Gelandang Chelsea Christian Pulisic meninggalkan lapangan karena cedera pada laga kontra Arsenal di final Piala FA. Laga Arsenal vs Chelsea berlangsung di Stadion Wembley, 1 Agustus 2020.AFP/POOL/Adam Davy Gelandang Chelsea Christian Pulisic meninggalkan lapangan karena cedera pada laga kontra Arsenal di final Piala FA. Laga Arsenal vs Chelsea berlangsung di Stadion Wembley, 1 Agustus 2020.

Jumlah ini bisa dikatakan fantastis lantaran pandemi corona sejak empat bulan lalu menyusutkan rata-rata jumlah penonton laga sepak bola di Inggris.

Baca juga: Demi Aubameyang, Arsenal Dituntut Royal Hamburkan Uang

Dengan capaian itu, BBC menguasai pangsa pasar penonton televisi hingga 46,1 persen.

Pierre-Emerick Aubameyang mencetak gol kedua untuk mengantarkan Arsenal menjadi juara Piala FA musim ini. Laga Arsenal vs Chelsea di Stadion Wembley, 1 Agustus 2020, berakhir dengan skor 2-1.AFP/POOL/ADAM DAVY Pierre-Emerick Aubameyang mencetak gol kedua untuk mengantarkan Arsenal menjadi juara Piala FA musim ini. Laga Arsenal vs Chelsea di Stadion Wembley, 1 Agustus 2020, berakhir dengan skor 2-1.

Angka jumlah penonton final tersebut mengungguli capaian tayangan laga semifinal tatkala Chelsea membuat Manchester United tersungkur dengan angka 3-1.

Pada laga semifinal itu, jumlah penonton yang diraup BBC mencapai angka 7,3 juta.

Ekspresi Frank Lampard saat laga Arsenal vs Chelsea pada final Piala FA 2019-2020.POOL / GETTY IMAGES EUROPE / GETTY IMAGES VIA AFP Ekspresi Frank Lampard saat laga Arsenal vs Chelsea pada final Piala FA 2019-2020.

Jika dibandingkan pada laga final FA Cup musim 2018-2019, capaian terkini tersebut juga masih terbilang mentereng.

Setahun silam, tatkala Manchester City menyungkurkan Watford enam gol tanpa balas, jumlah penonton tayangan tersebut ada di posisi 7,4 juta.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X