Rahmad Darmawan Ungkap 2 Faktor Pemain Muda Indonesia Meredup di Level Senior

Kompas.com - 03/08/2020, 11:20 WIB
Pelatih Madura United musim 2020, Rahmad Darmawan. KOMPAS.com/SUCI RAHAYUPelatih Madura United musim 2020, Rahmad Darmawan.

KOMPAS.com - Mantan pelatih timnas U13 Indonesia, Rahmad Darmawan, mengungkapkan faktor yang membuat pemain muda meredup saat memasuki level senior.

Banyak pemain muda yang tampil gemilang terutama bersama timnas kelompok usia, lalu perlahan kehilangan tempat di level senior.

Menurut Rahmad Darmawan, setidaknya ada dua pokok persoalan yang menjadi penyebab hal tersebut.

Rahmad Darmawan menyoroti kondisi mental dan minimnya kompetisi kelompok usia yang membuat para pemain muda kurang disiapkan sebelum masuk ke level senior.

Baca juga: Andritany Ardhiyasa: Saya Pasti Akan Kembali ke Timnas Indonesia

Berkaitan dengan mental, Rahmad mengatakan bahwa pemain muda Indonesia terlalu cepat puas.

"Mental ini banyak menjadi problem pemain-pemain kita. Mental itu banyak, salah satunya terlalu cepat puas," ucap Rahmad yang dilansir Bolasport.com dari Youtube Hanif & Rendy Show.

Rahmad Darmawan kemudian mengatakan ketidaksukaannya terhadap sanjungan masyarakat Indonesia yang berlebihan kepada para pemain muda.

Diungkapkan Rahmad, sanjungan itu bak pisau bermata dua yang kadang-kadang justru membuat para pemain muda cepat puas dan kurang mau berkembang.

"Sebenarnya saya paling tidak suka ketika ada tim kelompok umur jadi juara lalu diarak seperti juara dunia," tutur Rahmad Darmawan.

"Padahal itu fase transisi yang paling bahaya bagi pemain-pemain ini untuk terlalu mudah disanjung."

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber BolaSport
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X