Skandal Pengaturan Skor Kandaskan Karier Kiper Laos

Kompas.com - 03/08/2020, 11:16 WIB
Logo AFC Dok.GoogleLogo AFC

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Terbukti terlibat dalam kasus pengaturan skor, kiper timnas Laos Thipphonexay Inthavongsa kandas.

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) dalam keputusannya menghukum Inthavongsa dengan larangan bermain sepak bola seumur hidup.

Suap.Thinkstock Suap.

AFC mengatakan kasus yang menyudahi karier pesepak bola ini adalah tatkala timnas Laos berlaga melawan tuan rumah Hong Kong pada 5 Oktober 2017.

Pada laga itu, Laos menelan kekalahan empat gol tanpa balas.

Baca juga: Perjuangan Bali United pada Piala AFC 2020 Bakal Berlanjut di Vietnam

"Thipponexay Inthavongsa terbukti bersalah ikut dalam konspirasi pengaturan skor," kata pernyataan AFC.

Ilustrasi sepak bola.Ilustrasi | Shutterstock Ilustrasi sepak bola.

Menurut AFC, bersama Inthavongsa, ada dua pemain timnas Laos yang juga tersandung kasus sama dan kini keduanya sudah diberi hukuman sama.

"Kami menghukum seumur hidup tidak boleh bermain sepak bola bagi Khampheng Sayavutthi dan Lembo Saysana pada Februari 2020," kata AFC.

Hukuman dari AFC itu sudah diberitahukan kepada Asosiasi Sepak Bola Laos dan FIFA.

Hukuman itu nantinya akan bersifat mendunia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X