Warna Hijau di Jersey Baru Liverpool, Memori Era Kemunduran The Reds

Kompas.com - 01/08/2020, 18:10 WIB
Dua pemain muda Liverpool pada musim 1993-1994, Robbie Fowler (kiri) dan Steve McManaman. Liverpool menyelesaikan Liga Inggris musim tersebut di peringkat kedelapan. LFCTVDua pemain muda Liverpool pada musim 1993-1994, Robbie Fowler (kiri) dan Steve McManaman. Liverpool menyelesaikan Liga Inggris musim tersebut di peringkat kedelapan.

KOMPAS.com - Liverpool akhirnya meresmikan jersey kandang mereka untuk musim 2020-2021. Namun, satu detail mengingatkan klub ke era kelam masa lampau.

Jersey baru Liverpool untuk musim depan sekaligus menjadi awal dari kerja sama The Reds dengan raksasa olahraga asal Amerika Serikat, Nike, yang secara resmi dimulai pada 1 Agustus 2020.

Kerja sama ini diyakini berada di angka 30 juta pound per tahun.

Menurut situs resmi Liverpool, pemilihan warna yang dipakai, merah-putih-hijau muda, merupakan "warna-warna tradisional yang dipakai sepanjang sejarah LFC dan terikat dengan lambang tradisional klub."

Baca juga: Liverpool Umumkan Jersey Baru, Ini Arti Warna Hijau di Kerah

Ikatan kepada sejarah ini juga dijelaskan oleh VP Global Football Apparel Nike, Scott Munson, kepada Liverpool Echo.

Tiga pemain Lvierpool berpose dengan jersey Nike untuk musim 2020-2021, Harvey Elliott (paling kanan), Jordan Henderson, dan Curtis Jones.NIKE Tiga pemain Lvierpool berpose dengan jersey Nike untuk musim 2020-2021, Harvey Elliott (paling kanan), Jordan Henderson, dan Curtis Jones.

"Kami menciptakan jersey dan koleksi yang merayakan kekayaan kultur kota Liverpool dan klub ini," tuturnya

Situs resmi Liverpool mengatakan bahwa warna hijau dan putih di kerah seragam ini "serupa dengan apa yang dipakai klub pada periode 1993-1996".

Kendati demikian, jurnalis terkemuka asal Inggris, Jonathan Wilson, mengutarakan bahwa pemilihan warna ini mengingatkan akan kemunduran klub pada awal 1990-an.

Liverpool memang kekuatan dominan di Inggris pada periode 1970-1980an ketika Liga Inggris dikenal sebagai First Division. 

The Reds memenangi 11 gelar Liga Inggris dalam dua dekade tersebut, termasuk tiga gelar beruntun pada awal 1980an.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X