5 Pemain Bundesliga yang Putuskan Gantung Sepatu pada Akhir Musim 2019-2020

Kompas.com - 01/08/2020, 16:40 WIB
Pemain Vfb Stuttgart yang juga merupakan mantan penggawa tim nasional Jerman, Mario Gomez, saat merayakan laga terakhir di kasta kedua Liga Jerman, Bundesliga 2, 28 Juni 2020. Alexander Scheuber/BundesligaPemain Vfb Stuttgart yang juga merupakan mantan penggawa tim nasional Jerman, Mario Gomez, saat merayakan laga terakhir di kasta kedua Liga Jerman, Bundesliga 2, 28 Juni 2020.

KOMPAS.com - Akhir gelaran Bundesliga, kasta tertinggi Liga Jerman musim 2019-2020, menyisakan sejumlah kisah mengharukan.

Saat Bayern Muenchen merayakan gelar Bundesliga yang kedelapan secara beruntun, beberapa pemain di klub lain memilih gantung sepatu atau pensiun.

Terdapat pemain yang mengakhiri kariernya sebagai pesepak bola profesional dalam keadaan penuh sukacita.

Namun, juga ada pemain memilih gantung sepatu di tengah situasi menegangkan, ketika klub yang ia bela berada di ambang degradasi.

Baca juga: Di Bundesliga, Schalke Paling Tertatih-tatih

Dari juara dunia hingga pesepak bola paling loyal, berikut lima pemain Bundesliga yang gantung sepatu pada musim 2019-2020:

1. Claudio Pizarro

Pemain asal Peru ini pernah bermain untuk FC Koeln dan Bayern Muenchen sebelum memutuskan pensiun bersama Werder Bremen pada usia 41 tahun.

Dia mengukir 197 gol dari 490 pertandingan dan merengkuh 17 trofi selama berkarier di Bundesliga.

Pengujung karier Pizarro terasa menegangkan karena tim terakhir yang ia bela, Werder Bremen, harus melalui play-off untuk bertahan di kasta tertinggi Liga Jerman musim 2020-2021.

Keberhasilan Werder Bremen dalam memenangi play-off dan bertahan di Bundesliga menjadi perayaan terakhir Pizarro sebagai pesepak bola profesional.

Nama Pizarro pun harum bersama Werder Bremen. Dia masih tercatat sebagai top scorer sepanjang masa klub berjuluk Die Werderaner tersebut.

Baca juga: Lolos dari Jeratan Degradasi, Ini Sederet Pencapaian Werder Bremen di Bundesliga

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Bundesliga
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X