Pablo Aimar dan Iniesta Jadi Kiblat Karier Ramdani Lestaluhu

Kompas.com - 01/08/2020, 12:00 WIB
Pemain Persija Jakarta Ramdani Lestaluhu berebut bola dengan pemain Johor Darul saat Penyisihan grup AFC CUP 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (10/4/2018). Persija menang dengan skor 4-0. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGPemain Persija Jakarta Ramdani Lestaluhu berebut bola dengan pemain Johor Darul saat Penyisihan grup AFC CUP 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (10/4/2018). Persija menang dengan skor 4-0.

KOMPAS.com - Gelandang Persija Jakarta, Ramdani Lestaluhu, memiliki sosok panutan dalam perkembangan karier sepak bolanya.

Ramdani, yang saat ini masih memegang rekor pemain termuda melakoni debut di kasta tertinggi Liga Indonesia, terinspirasi oleh dua mantan bintang La Liga Spanyol.

Mereka adalah Pablo Aimar dan Andres Iniesta.

Baca juga: Persija Bersahabat dengan Markas Barunya di Liga 1 2020

Ramdani mengaku, gaya permainannya banyak terpengaruh dari kedua pemain tersebut.

"Saya untuk (pemain) luar saat di Maluku suka Pablo Aimar dari Argentina yang pernah bermain di Valencia," ucapnya, dilansir dari laman resmi Persija.

"Setelah Aimar memutuskan pensiun saya juga mengidolakan Andres Iniesta dari Barcelona," ujar Ramdani.

Kapten Barcelona, Andres Iniesta, dalam laga Liga Champions kontra AS Roma di Camp Nou, Rabu (4/4/2018)
LLUIS GENE / AFP Kapten Barcelona, Andres Iniesta, dalam laga Liga Champions kontra AS Roma di Camp Nou, Rabu (4/4/2018)

Tak hanya berkiblat dari pemain luar negeri, Ramdani juga mengagumi beberapa pesepak bola Tanah Air.

Di antaranya ialah Imran Nahumarury, Firman Utina, hingga Ponaryo Astaman.

Baca juga: Liga 1 2020 Digelar tanpa Penonton, Persib Andalkan Pemasukan Sponsor

"Kalau dulu masih di kampung, saya idolain Imran Nahumarury. Dia passing-passing bolanya bagus. Pas sudah di Jakarta saya idolakan Firman Utina, selain dia jago untuk long pass, dia juga baik dalam urusan dribelnya bagus," ucap Ramdani.

"Satu lagi saya juga suka Pornaryo. Dia tipikal bertahannya sangat bagus dan simpel," kata dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X