Lupakan Dean Henderson, De Gea Masih Layak Jadi Kiper Utama

Kompas.com - 31/07/2020, 10:40 WIB
Kiper Manchester United, David de Gea, tak berdaya mencegah tembakan penyerang Chelsea, Olivier Giroud, menjebol gawangnya pada laga semifinal Piala, Senin (20/7/2020) dini hari WIB. AFP/ANDY RAINKiper Manchester United, David de Gea, tak berdaya mencegah tembakan penyerang Chelsea, Olivier Giroud, menjebol gawangnya pada laga semifinal Piala, Senin (20/7/2020) dini hari WIB.

KOMPAS.com - Mantan kiper dan legenda Manchester United, Peter Schmeichel, angkat bicara soal polemik David de Gea

Seperti diketahui, masa depan David de Gea sebagai kiper nomor satu Manchester United kian dipertanyakan. Masa David de Gea sebagai kiper utama Manchester United dinilai sudah habis.

Man United didorong untuk mengganti De Gea dengan Dean Henderson yang saat ini dipinjamkan ke Sheffield United.

Kritik kepada David de Gea bukan tanpa alasan. Pasalnya, kiper asal Spanyol itu kerap melakukan kesalahan-kesalahan pada laga penting.

Baca juga: Singgung Liverpool, Man United Harus Tendang De Gea Jika Ingin Juara

Salah satunya dalam kekalahan 1-3 Manchester United dari Chelsea di semifinal Piala FA, Senin (20/7/2020) dini hari WIB.

David de Gea dianggap melakukan blunder karena gagal mengantisipasi bola dari upaya dua pemain Chelsea, Olivier Giroud dan Mason Mount.

Peter Schmeichel akhirnya turut berkomentar soal ini. Alih-alih mengkritik De Gea, Schmeichel justru membelanya. Dia yakin David de Gea masih pantas menjadi kiper utama Manchester United musim depan.

"Ada penjaga gawang muda yang dipinjamkan ke Sheffield United. Dia bermain sangat bagus dan sangat menjanjikan. Itu adalah cerita yang hebat," kata Peter Schmeichel seperti dilansir Goal.

"Akan tetapi, De Gea adalah salah satu kiper terbaik di Premier League (kasta teratas Liga Inggris) dalam beberapa tahun terakhir," ujar Schmeichel.

Peter Schmeichel tak tutup mata dengan kesalahan-kesalahan De Gea. Namun, dia meyakini eks kiper Atletico Madrid itu sedang menjalani proses transisi dan akan belajar dari kesalahannya.

Baca juga: Man United Tawar Sancho Rp 1,6 Triliun, Dortmund Beri Ultimatum

"Salah satu hal yang saya yakini dia saat ini belum menyatu dengan perubahan permainan yang dibuat Ole Gunnar Solskjaer (pelatih Man United) sehingga De Gea masih harus menyesuaikan dengan cara bermainnya," ucap Schmeichel.

"Dalam melakukan perubahan Anda selalu membuat kesalahan. Jika Anda tidak melakukan kesalahan, Anda tidak benar-benar belajar," tuturnya.

"Man United finis di tempat ketiga dan harus fokus pada Liga Europa sekarang. Dia punya waktu istirahat selama beberapa minggu sebelum musim depan dimulai dan semuanya akan baik-baik saja."

"Saya melihat David de Gea sebagai kiper Manchester United untuk tahun-tahun yang akan datang. Menurut saya, dia diperlakukan tidak adil belakangan ini," kata Peter Schmeichel mengakhiri.



Sumber GOAL
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X