Liga Indonesia Hanya Digelar di Pulau Jawa

Kompas.com - 29/07/2020, 11:00 WIB
Pemain Arema FC merayakan gol perdana saat melawan Persib Bandung pekan ketiga Liga 1 2020 yang berakhir dengan skor 1-2 di Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur, Minggu (08/03/2020) sore. KOMPAS.com/Suci RahayuPemain Arema FC merayakan gol perdana saat melawan Persib Bandung pekan ketiga Liga 1 2020 yang berakhir dengan skor 1-2 di Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur, Minggu (08/03/2020) sore.

YOGYAKARTA, KOMPAS.COM - Kompetisi Liga Indonesia pada kompetisi tahun 2020 akan dipusatkan di Jawa.

Sekitar 6 klub dari luar jawa yang akan berhomebase atau kandang di Yogyakarta. Direktur Operasional, PT Liga Indonesia Baru ( LIB) Sudjarno mengatakan pada kompetisi tahun ini liga Indonesia hanya di gelar di pulau Jawa.

"Mengingat saat ini penerbangan belum kembali normal sepenuhnya, lanjutan pertandingan liga Indonesia akan digelar di Jawa," katanya, setelah bertemu sekda DI Yogyakarta, di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Rabu (29/7/2020).

Baca juga: Persipura Tunggu Kejelasan Detail Teknis Penyelenggaraan Liga 1 2020

Enam tim dari luar jawa yang akan berkandang Yogyakarta yaitu Persiraja, Bali United, Borneo FC, Barito, PSM Makassar, dan Persipura Jayapura. 

Mereka akan menggunakan dua stadion yaitu Maguwoharjo dan stadion Sultan Agung.

Sudjarno mendapatkan rekomendasi dari Sekda DIY yaitu agar selalu menerapkan protokol kesehatan selama kompetisi berlangsung mengingat akan banyak pergerakan kegiatan.

"Pertandingan tidak ada penonton. Kami juga sudah koordinasi dengan Polda maupun Polres setempat agar untuk mengantisipasi adanya penonton, maupun nobar," katanya.

Pihaknya telah melakukan verifikasi untuk kedua stadion tersebut dan saat ini keduanya membutuhkan pemulihan atau pemeliharaan di rumput lapangan mengingat sudah lama tidak digunakan.

"Secara umum venuenya sudah baik untuk menggelar pertandingan. Ya, memang rumput dlm pemeliharaan, itu biasa lah karena lama gak dipake," ucapnya.

Terkait dengan situasi pandemi Covid-19 untuk pencegahan pihak PT LIB akan melakukan swab tes 14 hari sekali selama masa kompetisi berlangsung.

"Jadi protokol kesehatan insyaallah akan kita perketat. Kita juga sudah koordinasi dengan Satgas Covid pusat. Bahkan nanti juga akan diback up oleh satgas covid pusat," katanya.

Terkait dengan jadwal kompetisi yang padat mengingat kompetisi dilakukan hanya sekitar 5 bulan, pihaknya mengklaim telah mengatur jadwal dengan mekanisme masa pemulihan selama 4 hingga 5 hari.

"Dari durasi yaitu 1 Oktober hingga 28 Februari 2021, recovery day antara 4 hingga 5 hari. Insya Allah klub-klub liga satu siap," ucapnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X