Persib Tunggu Izin dari Pemkot Bandung untuk Berkandang di Stadion GBLA

Kompas.com - 17/07/2020, 20:00 WIB
Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar. KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHAManajer Persib Bandung, Umuh Muchtar.

BANDUNG, KOMPAS.com - Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar, berharap Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) bisa dijadikan markas Persib dalam mengarungi kelanjutan Liga 1 2020 pada 1 Oktober mendatang.

Dikatakan Umuh, Stadion GBLA memang diprioritaskan Persib untuk menjadi homebase mereka dalam mengarungi kelanjutan kompetisi.

Hal tersebut dikarenakan Stadion Si Jalak Harupat (SJH) kemungkinan belum bisa digunakan Persib lantaran dipersiapkan menjadi venue pertandingan Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang.

Meski begitu, pihak Persib masih menunggu lampu hijau dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung untuk bisa berkandang di Stadion GBLA.

Baca juga: Petinggi Persib Tanggapi Wacana Pemain Liga 1 Wajib Karantina Sebelum Tanding

"GBLA harus dipakai, cuma tinggal keinginan dan keseriusan dari Pemkot (Bandung). Serius tidak mereka memberikan izin untuk Persib bermain di sana," kata Umuh kepada wartawan.

Andai Pemkot Bandung memberikan lampu hijau bagi Stadion GBLA digunakan sebagai venue pertandingan Liga 1 2020, kemungkinan bukan hanya Persib yang berkandang di stadion berkapasitas 38.000 kursi itu.

Pasalnya, kompetisi Liga 1 2020 akan dipusatkan di Pulau Jawa.

Format tersebut memungkinkan bagi sejumlah kesebelasan dari luar Pulau Jawa untuk memilih Bandung sebagai homebase sementara mereka.

Terkait berbagi kandang dengan klub lain, Umuh menegaskan bahwa Persib sangat terbuka.

Meski begitu, prioritas penggunaan stadion harusnya tetap berada di Persib sebagai tuan rumah.

"Kalau itu (berbagi kandang) kami diserahkan ke Persib, tetapi harus ada dari Persib juga, kalau Persib mau kasih, kan harus ada perjanjian," tutur Umuh.

Baca juga: Suntikan Motivasi untuk Pemain Persib yang Terbaring di Rumah Sakit

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Bandung, Eddy Marwoto, menuturkan bahwa secara fisik Stadion GBLA bisa saja digunakan Persib sebagai homebase dalam mengarungi kelanjutan kompetisi musim ini.

Menurut Eddy, selama beberapa bulan terakhir, pihaknya terus melakukan perawatan dan renovasi terhadap sejumlah infrastruktur utama stadion.

"Secara fisik sudah siap, baik untuk latihan maupun kompetisi, karena dari sisi pemeliharaan terus kami lakukan secara rutin, termasuk perbaikan-perbaikan yang kemarin saat terdahulu akan digunakan liga karena terhenti Covid-19, kami sudah antisipasi itu," ucap Eddy Marwoto.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X