Ini Target Jumlah Penonton Laga Olahraga di Jepang pada Awal Agustus

Kompas.com - 14/07/2020, 10:15 WIB
Pemain Urawa Reds, Yuki Muto (kanan), melakukan selebrasi bersama rekan setimnya, Takuya Aoki, setelah mencetak gol ke gawang Kawasaki Frontale dalam pertandingan perempat final Liga Champions Asia di Stadion Todoroki, Kawasaki, 23 Agustus 2017.
KAZUHIRO NOGI/AFPPemain Urawa Reds, Yuki Muto (kanan), melakukan selebrasi bersama rekan setimnya, Takuya Aoki, setelah mencetak gol ke gawang Kawasaki Frontale dalam pertandingan perempat final Liga Champions Asia di Stadion Todoroki, Kawasaki, 23 Agustus 2017.

TOKYO, KOMPAS.com - Penetapan jumlah penonton maksimal 5.000 orang menyaksikan langsung olahraga di stadion akan ditinjau kembali oleh otoritas Jepang.

Peninjauan itu akan didasari oleh perkembangan kasus corona yang melanda Jepang.

Penyerang Yokohama Marinos, Marquinho (18) mencetak gol ke gawang David de Gea dalam laga persahabatan melawan Manchester United di Stadion Nissan, Yokohama, Jepang. Dalam laga itu, Setan Merah takluk 2-3 dari tim tuan rumah.TOSHIFUMI KITAMURA / AFP Penyerang Yokohama Marinos, Marquinho (18) mencetak gol ke gawang David de Gea dalam laga persahabatan melawan Manchester United di Stadion Nissan, Yokohama, Jepang. Dalam laga itu, Setan Merah takluk 2-3 dari tim tuan rumah.

Baca juga: Jepang Tetapkan Jumlah Penonton di Stadion Maksimal 5.000

Saat otoritas kesehatan dan olahraga Jepang mengizinkan penonton hadir langsung pada Jumat (10/7/2020), di Tokyo, 224 orang terinfeksi Covid-19.

Ilustrasi: virus corona juga merebak di Eropa. Warga-warga mengenakan masker.Shutterstock Ilustrasi: virus corona juga merebak di Eropa. Warga-warga mengenakan masker.

Meski begitu, kebijakan 5.000 penonton itu tetap berjalan.

Jika tak ada aral melintang, per 1 Agustus 2020, Jepang akan meningkatkan kehadiran penonton di stadion hingga separuh atau 50 persen kapasitas stadion.

Para pemain Kashima Antlers berpose menjelang kick-off final J League Yamazaki Nobiscu Cup 2015 di Stadion Saitama 2002, Sabtu (31/10/2015). Dari kiri ke kanan (depan): Mitsuo Ogasawara, Gaku Shibasaki, Shuhei Akasaki, Daigo Nishi, Yasushi Endo, Atsutaka Nakamura; (belakang): Gen Shoji, Shuto Yamamoto, Mu Kanazaki, Hwang Seok Ho, Hitoshi Sogahata.J LEAGUE PHOTOS Para pemain Kashima Antlers berpose menjelang kick-off final J League Yamazaki Nobiscu Cup 2015 di Stadion Saitama 2002, Sabtu (31/10/2015). Dari kiri ke kanan (depan): Mitsuo Ogasawara, Gaku Shibasaki, Shuhei Akasaki, Daigo Nishi, Yasushi Endo, Atsutaka Nakamura; (belakang): Gen Shoji, Shuto Yamamoto, Mu Kanazaki, Hwang Seok Ho, Hitoshi Sogahata.

"Para penonton harus melalui protokol pencegahan virus corona antara lain dengan memakai masker dan menjaga jarak," kata pernyataan J-League.

Pada Jumat (10/7/2020), J-League melakukan percobaan laga disaksikan penonton langsung di stadion.

Suporter Kashima Antlers memerahkan Stadion Saitama 2002 untuk memberikan dukungan kepada timnya pada final J League Yamazaki Nobisco Cup 2015 melawan Gamba Osaka, Sabtu (31/10/2015). Kashima menang 3-0 untuk meraih gelar keenamnya.J LEAGUE PHOTOS Suporter Kashima Antlers memerahkan Stadion Saitama 2002 untuk memberikan dukungan kepada timnya pada final J League Yamazaki Nobisco Cup 2015 melawan Gamba Osaka, Sabtu (31/10/2015). Kashima menang 3-0 untuk meraih gelar keenamnya.

Jumlahnya berangsur naik dari 1.000 orang per stadion.

J-League 1 sudah melanjutkan kembali kompetisi yang tertunda oleh corona mulai pekan kedua Juli 2020.

Stadion Suita bakal menjadi kandang baru Gamba Osaka musim depan. Foto diambil dari sisi tenggara Stadion, Minggu (6/12/2015).JALU WIRAJATI/KOMPAS.COM Stadion Suita bakal menjadi kandang baru Gamba Osaka musim depan. Foto diambil dari sisi tenggara Stadion, Minggu (6/12/2015).

Sementara J-League 2 dan J-League 3 bergulir kembali mulai 27 Juni 2020.

Terkini, Jepang mengkonfirmasi 20.700 warganya terinfeksi corona.

Ilustrasi virus coronaShutterstock Ilustrasi virus corona

Jumlah ini belum terhitung dengan 712 orang dari kapal pesiar Diamond Princess yang dikarantina di depan pelabuhan Yokohama pada Februari 2020.



Sumber Kyodo News
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X