Pandemi Corona, Cara Jepang Kelola Tiket Laga

Kompas.com - 13/07/2020, 06:47 WIB
Ilustrasi tiket Rob CarrIlustrasi tiket

TOKYO, KOMPAS.com - Jepang tercatat sebagai negara paling awal yang mengizinkan penonton datang langsung  menyaksikan laga atau pertunjukan tatkala kompetisi berlanjut kembali di tengah pandemi corona.

Baca juga: Klub-klub Kaya Terancam Penurunan Pendapatan dari Tiket

Namun begitu, otoritas setempat tetap menerapkan protokol ketat demi mencegah merebaknya infeksi virus corona.

Topi baseball off-white Topi baseball off-white

"Kami hanya mengizinkan maksimal 5.000 penonton hadir," kata pihak Nippon Professional Baseball (NPB), Jumat, pekan lalu.

NPB menyebutkan, laga-laga yang dikenakan pembatasan jumlah penonton antara lain Yomiuri Giants melawan Yakult Swallows di Kobe.

Ilustrasi bola dan pemukul bisbol Ilustrasi bola dan pemukul bisbol

Lantas, ada juga pertandingan antara Hotaka Yamakawa versus Seibu Lions di Stadion Zozo Marine di Chiba.

Kebijakan menghasirkan penonton langsung menjadi perhatian serius pengelola pertandingan.

NPB maupun Liga Sepak Bola Jepang (J-League) menerapkan kontrol kesehatan yang ketat pada prosedur pembelian tiket.

Pitcher Releasing BaseballMike Watson Images Pitcher Releasing Baseball

Sebelumnya, pada Februari 2020, klub J-League 1 Consodale Sapporo membatalkan penjualan tiket laga kandang karene makin merebaknya pandemi corona.

Selain menerapkan pembelian secara daring atau online, otoritas Jepang juga mengawasi teknik pengecekan tiket di loket pertandingan.

"Secara khusus diminimalisasikan tiket itu disentuh oleh banyak tangan," terang pengelola J-League.

Presiden Obama dan Presiden Kuba saat mengheningkan cipta untuk korban serangan teroris di Brussels, Belgia, sebelum menyaksikan pertandingan baseball di Havana, Selasa (22/3/2016) malam.  AP/Pablo Martinez Monsivais Presiden Obama dan Presiden Kuba saat mengheningkan cipta untuk korban serangan teroris di Brussels, Belgia, sebelum menyaksikan pertandingan baseball di Havana, Selasa (22/3/2016) malam.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X