Bima Sakti Belajar ke Shin Tae-yong Cara Latih Timnas U16 Indonesia

Kompas.com - 12/07/2020, 06:20 WIB
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memberikan instruksi saat seleksi pemain Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (13/1/2020). Sebanyak 51 pesepak bola hadir mengikuti seleksi pemain Timnas U-19 yang kemudian akan dipilih 30 nama untuk mengikuti pemusatan latihan di Thailand. ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK APelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memberikan instruksi saat seleksi pemain Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (13/1/2020). Sebanyak 51 pesepak bola hadir mengikuti seleksi pemain Timnas U-19 yang kemudian akan dipilih 30 nama untuk mengikuti pemusatan latihan di Thailand.

KOMPAS.comBima Sakti berkesempatan belajar kepada Shin Tae-yong untuk melihat program latihan yang nantinya diterapkan ke tim nasional U16 Indonesia jelang Piala Asia U16 2020.

Bima Sakti yang saat ini tengah memantau penampilan timnas U16 Indonesia selama training camp (TC) sejak 6 Juli lalu berkesempatan melihat program latihan Shin Tae-yong untuk timnas U19 Indonesia.

Tak cuma mendapat mengalaman melihat program latihan timnas U19 garapan Shin Tae-yong, Bima Sakti juga mendapat dukungan untuk bebas menjalankan program sesuai keinginannya.

Hal inilah yang membantu Bima Sakti mendapatkan kendali penuh untuk membentuk karakter bermain timnas U16 Indonesia.

Baca juga: Cara Jitu Bima Sakti Bentuk Timnas U16 Bermental Baja

Selain itu, saran dari Shin Tae-yong bisa membantu Bima Sakti membuat program yang efektif anak asuhnya saat wabah virus corona masih melanda dunia.

"Kemarin pada bulan Maret sempat bertemu dengan Shin Tae-yong," kata Bima kepada awak media termasuk Kompas.com (11/7/2020).

"Kami waktu itu bertemu bersama dengan ofisial, saya bertanya ke Shin Tae-yong, 'Coach, bagaimana dengan timnas U16' Kemudian dia bilang 'Kamu jalankan saja semua'."

"Dia juga memberikan izin khusus 'Kalau kamu mau lihat latihan-latihan di timnas U19 maupun senior, silakan'," ujar Bima.

Baca juga: Selesai Naturalisasi, Pemain Persib Ini Belum Juga Bela Timnas Indonesia

Dalam hal ini, Bima menekankan bahwa mungkin Shin Tae-yong ingin dirinya belajar mengenai fisik pemain.

Pasalnya saat pertama kali melatih timnas, yang diperhatikan Shin Tae-yong adalah fisik pemainnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X