Profil Ralf Rangnick, Siap-siap Gegenpressing ala AC Milan

Kompas.com - 09/07/2020, 15:00 WIB
Pelatih baru AC Milan, Ralf Rangnick, saat ia masih menangani RB Leipzig. AFP/ODD ANDERSENPelatih baru AC Milan, Ralf Rangnick, saat ia masih menangani RB Leipzig.

KOMPAS.com - Awal pekan ini, AC Milan memastikan kedatangan Ralf Rangnick sebagai pelatih baru klub untuk musim 2020-2021.

Ralf Rangnick akan mengisi posisi pelatih Stefano Pioli, yang menjabat sejak Oktober 2019.

Pelatih asal Jerman itu juga kemungkinan mengisi pos direktur olahraga untuk menggantikan Paolo Malndini.

Mantan pelatih RB Leipzig tersebut dikatakan sebagai sosok yang percaya 110 persen dengan filosofi bermainnya yang berpusat ke intensitas mental dan fisik

Deutsche Welle Sports bahkan mengatakan sang pelatih sebagai salah satu sosok paling berpengaruh di sepak bola Jerman saat ini.

Tak seperti pelatih-pelatih kebanyakan di dunai sepak bola, Rangnick tak pernah mencicipi karier sebagai pesepak bola profesional.

Baca juga: Ibrahimovic: Saya Presiden AC Milan dengan Gaji Tak Layak

Ia memulai karier melatihnya di level junior di Stuttgart.

Pada masa pembentukan inilah ia mendapat inspirasi terbesarnya sebagai pelatih.

Pada 1983, Rangnick melatih tim lokal dari desa Wuttenberg di Jerman menghadapi pelatih legendaris Uni Soviet, Valeriy Lobanovskyi dan tim Dynamo Kyiv yang mendominasi sepak bola Eropa timur ketika itu.

Dari situ dia belajar permainan pressing intens ala Lobanovskyi yang diadopsi oleh pelatih-pelatih top dunia dari masa ke masa, Arrigo Sacchi hingga Juergen Klopp.

 

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X