Pandemi Menggerus Keuangan Liga Italia

Kompas.com - 07/07/2020, 21:15 WIB
Presiden FIGC Gabriele Gravina. AFP/GETTY IMAGES/PAOLO BRUNOPresiden FIGC Gabriele Gravina.

ROMA, KOMPAS.com - Memulai kembali laga sejak 20 Juni 2020, Liga Italia berupaya bangkit menambal pundi-pundi keuangannya.

"Pandemi memang menggerus kondisi keuangan Liga Italia," tutur Presiden Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) Gabriele Gravina.

Ashley Young merayakan gol pada laga Inter Milan vs Brescia di Stadion di Stadion Giuseppe Meazza dalam lanjutan pekan ke-29 Serie A, kasta teratas Liga Italia, Rabu (1/7/2020).AFP/ MIGUEL MEDINA Ashley Young merayakan gol pada laga Inter Milan vs Brescia di Stadion di Stadion Giuseppe Meazza dalam lanjutan pekan ke-29 Serie A, kasta teratas Liga Italia, Rabu (1/7/2020).

Dalam informasi terkininya, Gravina mengatakan bahwa selama pandemi  corona yang menunda perhelatan Liga Italia, FIGC mesti mengeluarkan biaya hingga 564 juta dollar AS.

Hingga kini, semua laga Serie A, misalnya, berlangsung di stadion kosong alias tanpa kehadiran langsung penonton.

Baca juga: Liga Italia Cari Duit dari Stadion Kosong, Begini Ceritanya

Sudah barang tentu, kondisi ini perlahan-lahan menggerus keuangan Liga Italia.

Winger Sassuolo, Domenico Berardi.AFP/MIGUEL MEDINA Winger Sassuolo, Domenico Berardi.

Berangkat dari kenyataan itulah, Liga Italia mencari siasat untuk tetap menghasilkan duit dari stadion kosong.

"Kami mengajak Iterregional Sports Group (ISG) untuk menggarap kemitraan virtual di stadion kosong," kata pernyataan Liga Italia.

Spanduk raksasa bertuliskan Beristirahatlah dengan tenang Kobe dan Gianna, bersama selamanya ditampilkan oleh para fans AC Milan pada laga Coppa Italia kontra Torino di Stadion San Siro, 28 Januari 2020.AFP/MIGUEL MEDINA Spanduk raksasa bertuliskan Beristirahatlah dengan tenang Kobe dan Gianna, bersama selamanya ditampilkan oleh para fans AC Milan pada laga Coppa Italia kontra Torino di Stadion San Siro, 28 Januari 2020.

Berkongsi dengan Netco Sporty Italia (NSI), ISG akan mengarap musim 2019-2020 usai.

Beberapa hal yang dikerjakan adalah tampilan logo klub di bench pemain sebelum laga dimulai.

Leonardo Bonucci mencoba mengejar bola pada pertandingan Lecce vs Juventus dalam lanjutan Serie A Liga Italia di Stadion Via del Mare, 26 Oktober 2019. AFP/ALBERTO PIZZOLI Leonardo Bonucci mencoba mengejar bola pada pertandingan Lecce vs Juventus dalam lanjutan Serie A Liga Italia di Stadion Via del Mare, 26 Oktober 2019.

Lantas, logo itu akan muncul pada istirahat turun minum.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X