'Move on' bersama Shin Tae-yong, Ketum PSSI Tekankan Komunikasi

Kompas.com - 02/07/2020, 21:27 WIB
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, memberikan pemaparan mengenai kondisi sepak bola nasional kepada para wartawan Grup Kompas dengan didampingi oleh Pemimpin Redaksi KompasTV, Rosiana Silalahi, di Menara Kompas, Jakarta, pada Kamis (2/7/2020). KOMPAS.com/Firzie A. IdrisKetua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, memberikan pemaparan mengenai kondisi sepak bola nasional kepada para wartawan Grup Kompas dengan didampingi oleh Pemimpin Redaksi KompasTV, Rosiana Silalahi, di Menara Kompas, Jakarta, pada Kamis (2/7/2020).

KOMPAS.com - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengutarakan bahwa ia telah move on dari isu yang sempat terjadi bersama pelatih Timnas IndonesiaShin Tae-yong.

"Saya sudah berbicara kepada Shin Tae-yong, apa yang sudah berlalu kita lupakan," tutur pria yang akrab disapa Iwan Bule ini.

Baca juga: Kunjungan ke Grup Kompas, Ketum PSSI Tekankan Target Timnas di Piala Dunia U20

Pada medio bulan lalu, Shin Tae-yong sempat berbicara blak-blakan kepada media Korea Selatan mengenai rasa frustrasinya bekerja bersama dengan PSSI.

Beberapa isu sempat jadi topik utama, terutama mengenai ketidak selarasan tujuan Training Camp skuad timnas hingga penunjukkan Indra Sjafri sebagai direktur teknik.

"Sekarang ke depan, saya menyampaikan untuk ke media lewat saya saja, termasuk di sana sudah saya sampaikan. Yang bersangkutan juga sudah sepakat sama saya," tuturnya lagi saat KOMPAS.com bertanya apakah ke depannya PSSI akan melarang Shin berbicara kepada media Korsel.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, memberikan suvenir kepada Pemimpin Redaksi KompasTV, Rosiana Silalahi, dalam kunjungannya ke Menara Kompas, Kamis (2/7/2020).KOMPAS.com/Firzie A. Idris Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, memberikan suvenir kepada Pemimpin Redaksi KompasTV, Rosiana Silalahi, dalam kunjungannya ke Menara Kompas, Kamis (2/7/2020).

PSSI sendiri masih menantikan kehadiran Shin di Tanah Air.

 

Setidaknya, situasi yang sempat panas ini telah reda setelah Iwan Bule dan Shin mengadakan pembicaraan awal lewat telekonferensi demi mencari pangkal masalah.

"Kita sudah seperti kakak adik lah ya, kami menantikan kehadirannya di sini. Dia juga sebenarnya sudah ingin kembali ke sini."

PSSI pun mengutarakan bahwa mereka terbuka terhadap tujuan TC timnas ke Korea Selatan.

Baca juga: Respons Shin Tae-yong soal Sambutan Baik PSSI untuk Selesaikan Polemik

"Kami bukan tidak memberikan dia berangkat ke Korea tetapi list masih 44 pemain, belum dikerucutkan oleh yang bersangkutan menjadi 23 atau 30. Kami juga berbicara dengan perwakilan Indonesia di Korsel, pandemi masih ada di sana walau mungkin tidak terlalu besar," ujarnya.

"Kekhawatiran saya adalah anak-anak akan dikarantina 14 hari jadi terbuang waktunya. Kami akan komunikasikan lagi. Setidaknya, Shin Tae-yong kembali dulu. Mengumpulkan anak-anak dan melakukan TC sebentar. Mungkin nanti dikerucutkan jumlahnya."

"Komunikasi, Alhamdulillah lancar dengan saya"

Kendati belum memberikan tenggat waktu pasti, PSSI meminta Shin Tae-yong sudah berada di Indonesia pada bulan Juli ini.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X